Hati-Hati, Selfie Akibatkan Penuaan Dini



Ilustrasi



       Ternyata, bukan cuma sinar matahari dan polusi yang bisa mengakibatkan penuaan dini, tapi selfie juga bisa jadi penyebab penuaan dini kulit seperti yang dilansir dari Vogue.co.uk 



Jika Anda penggemar selfie, berhati-hatilah karena menurut para dermatolog, sering selfie membuat kulit wajah sering terpapar blue light dan radiasi elektromagnetik dari ponsel yang dalam jangka panjang bisa merusak kulit.

Menurut dr. Simon Zokaie, Medical Director dari Linia Skin Clinic di London, cukup banyak para blogger yang datang berkonsultasi padanya dan menunjukkan tanda-tanda kerusakan dan penuaan di kulitnya.Tak ada yang menyadari bahwa gelombang radiasi yang dihasilkan oleh ponsel berbeda dengan matahari, sehingga tidak bisa ditangkal dengan tabir surya.

Dia juga mengingatkan bahwa ponsel dan gawai lainnya secara umum memang tak bersahabat dengan kulit wajah karena saat menempel pada pipi, bakteri yang ada di permukaannya akan langsung menempel pada kulit. Padahal menurut penelitian, permukaan ponsel memiliki kadar bakteri 18 kali lebih banyak dibanding bakteri yang ada di toilet umum. Artinya, ponsel sebetulnya jauh lebih kotor dibanding toilet umum. Bagaimana pun juga, toilet umum lebih sering dibersihkan dengan antibakteri dibandingkan ponsel.

Selain blue light dan radiasi elektromagnetik, ponsel juga disinyalir menyebabkan kendurnya kulit di dagu dan leher karena seringnya para pengguna menundukkan kepala saat menggunakannya.


Sumber : Liputan 6
Powered by Blogger.