Konsumsi Buah Stroberi Bantu Cegah Sel Kanker Payudara Agresif

ilustrasi

Tak hanya lezat dan segar, mengonsumsi buah stroberi juga bisa membantu mencegah perkembangan sel kanker agresif. Hal ini terbukti melalui penelitian yang melibatkan seekor tikus yang mengonsumsi 15 buah stroberi setiap hari.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Hasil penelitian tersebut pun menunjukkan bahwa tikus bisa terlindung dari sel kanker payudara agresif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan ekstrak stroberi alba kepada tikus betina dengan tumor kanker payudara. Peneliti menambahkan 15% buah berwarna merah ini dari asupan harian tikus.

Setelah lima minggu menjalani diet stroberi, tikus tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan kanker yang menyebar dan tumor menyusut. Dr Maurizio Battino dari Marche Polytechnic University menilai, tikus tersebut mengalami penurunan berat badan dan tumor yang mengecil secara signifikan.

Sayangnya, penelitian ini tidak memiliki efek yang sama seperti manusia. Penelitian sebelumnya pun menunjukkan, bahwa konsumsi 10-15 stroberi sehari bisa mengurangi kolesterol darah. Pada penderita kanker, beberapa gen bertugas metastasis kanker dan penyebaran kanker.

Dilansir dari Dailymail, pada saat yang bersamaan, ada satu gen yang bisa menekan penyebaran kanker payudara. Namun hal ini dibutuhkan penelitian lebih lanjut, apakah stroberi memiliki pengaruh signifikan dalam melawan kanker payudara pada manusia.

"Hasil penelitian ini memiliki efek potensial dari stroberi yang dapat melawan kanker payudara. Tapi penelitian ini harus dilengkapi dengan verifikasi efek positif pada manusia, apakah ia memiliki efek yang sama pada tikus," papar Dr Maurizio. 


Sumber:sindonews
Powered by Blogger.