7 Jenis Makanan Ini Picu Produksi Kolagen yang Bikin Awet Muda

ilustrasi

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen mulai berkurang. Kolagen yang tersisa pun bisa rusak karena terpapar sinar matahari serta kebiasaan buruk. Tak heran bila keriput cepat datang dan kulit pun mengendur.



Kolagen merupakan protein yang diproduksi oleh sel tubuh yang membantu regenerasi kulit, serta menjaganya tetap halus dan lembap. Kolagen inilah yang membantu kita tetap awet muda.

Ada cara agar produksi kolagen tetap terjaga yakni dengan mengonsumsi makanan yang membantu proses tersebut. Berikut daftar makanan yang bisa membantu Anda mendapatkan asupan kolagen alami, dikutip dari berbagai sumber.

1. Kaldu tulang

Laman Mind Body Green menulis, salah satu cara memperbarui kolagen pada kulit adalah dengan mengonsumsi kaldu tulang. Gelatin yang terkandung di kaldu tulang juga bisa memperbaiki saluran pencernaan sehingga mencegah inflamasi dan penuaan dini.

2. Produk kedelai

Produk berbahan kedelai seperti susu kedelai dan keju mengandung elemen yang disebut genistein. Elemen itulah yang membuat produk kedelai menjadi sumber kolagen serta membantu menghambat enzim yang mudah hancur dan membuat kulit cepat tua.

Menurut laman Health Central, produk kedelai apapun mengandung cukup banyak genistein, termasuk produk kedelai yang disajikan sebagai pengganti produk hewani.

3. Sayuran hijau gelap

Sayuran hijau gelap juga mengandung zat yang bisa membantu produksi kolagen. Masukkan bayam, kubis, dan kale ke dalam menua harian Anda karena mengandung antioksidan, lutein.

Sebuah studi di Prancis menyebutkan, mengonsumsi 10 mg bayam akan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit, serta memerangi keriput. Rutin mengonsumsi sayuran hijau gelap juga membantu tubuh lebih mudah memproduksi kolagen.

4. Kacang-kacangan

Produk kacang-kacangan mengandung hyaluronic acid (asam hyaluronat). Konsumsi setidaknya dua sendok makan kacang-kacangan setiap hari.

5. Ikan dan daging tanpa lemak

Ikan yang kaya kandunan omega-3 seperti mackerel, salmon dan tuna serta daging tanpa lemak dari hewan ternak pemakan rumut membantu melindungi membran lemak di sekitar sel kulit. Omega-3 membuat sel tetap kenyal sehingga kulit terlihat lebih muda. Makanan tersebut juga mengurangi inflamasi dan mengandung asam amino esensial untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

6. Vitamin C

Buah dan sayur kaya akan vitamin C merupakan sumber produksi kolagen alami. Anda bisa memasukkan jeruk, lemon, dan strawberry ke dalam menu harian.

7. Bawang putih

Bawang putih menawarkan asam lipoat dan taurine. Keduanya membantu memproduksi ulang kolagen yang rusak. Bawnag putih juga merupakan sumber sulfur terbaik. Sulfur salah satu unsur penting produksi kolagen.

Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.