9 Gejala Penyakit Radang Usus yang Tidak Anda Sadari

ilustrasi

Perlu waktu bertahun-tahun untuk memeroleh diagnosis radang usus karena gejalanya bisa samar dan serupa dengan masalah yang lebih umum, seperti sindrom iritasi usus besar.



Dikutip dari BT.com, Kamis (11/5/2017), perubahan gaya hidup dan diet dapat membantu mengurangi peradangan. Jika kondisinya parah, operasi perlu dilakukan.

Ahli gizi yang juga menulis tentang kesehatan usus, Jenna Farmer berbagi gejala radang usus yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Kehilangan siklus haid

Wanita yang terkena radang usus mungkin mengalami siklus haid tidak teratur atau bahkan tidak a menstruasi sama sekali. Hal ini diduga karena kekurangan gizi, penyakit atau penurunan berat badan.

2. Berkeringat saat malam hari

Hal ini terjadi lebih buruk dan bisa terjadi karena efek samping dari beberapa obat yang diresepkan mengobati radang usus.

3. Sembelit

Kita selalu mengaitkan diare sebagai gejala radang usus yang klasik. Tapi banyak pasien juga bisa mengalami sembelit. Hal ini biasanya disebabkan peradangan atau penyumbatan.

4. Peradangan mata

Penyakit radang usus dapat memengaruhi seluruh bagian tubuh, tak terkecuali mata. Episkleritis adalah kondisi mata yang paling umum bagi mereka yang terkena penyakit radang usus.

Kondisi ini memengaruhi lapisan jaringan yang menutupi lapisan luar mata putih sehingga menjadi meradang dan sakit.

5. Eritema nodosum

Ini adalah kondisi kulit yang nyeri dan menyakitkan karena adanya benjolan yang menyakitkan pada lengan dan kaki.  

6. Kelelahan

Sebanyak 75 persen pasien yang terkena penyakit radang usus melawan kelelahan yang dialaminya. Mereka banyak mengeluh tentang energi tubuh yang terus-menerus minim.

7. Kekurangan vitamin D

Seseorang yang menderita penyakit radang usus kemungkinan kekurangan zat besi dan vitamin B12. Tapi kemungkinan lain juga kadar vitamin D yang rendah. Penelitian terbaru menunjukkan, sekitar 30 persen orang dengan penyakit radang usus juga kekurangan vitamin D dari sinar matahari.

8. Nyeri sendi

Peradangan sendi merupakan komplikasi umum penyakit radang usus. Diperkirakan satu dari tiga pasien mengalami hal tersebut dan gejalanya sering memburuk saat kambuh.

9. Bisul pada mulut

Ini adalah gejala umum lain dan tanda awal radang usus pada beberapa individu.




Sumber : Liputan6
Powered by Blogger.