Apakah memasak dengan aluminium foil aman untuk kesehatan tubuh?



Ilustrasi



     Ada begitu banyak metode memasak yang dilakukan di dapur. Mulai dari merebus, mengukus, menggoreng, atau memanggang menggunakan aluminium foil. Proses pemanggangan dengan aluminium foil dikatakan bisa membuat masakan matang secara menyeluruh namun tetap lembut. 



Dilihat dari sisi kesehatan ternyata memasak menggunakan aluminium foil membawa dampak negatif lho. Apa saja efek buruk dari memasak dengan aluminium foil?

Mempengaruhi sel otak
Pemaparan aluminium foil yang larut pada makanan bisa mempengaruhi sel otak. Hal ini bisa menyebabkan komplikasi neurologis hingga kerusakan permanen sel otak.

Menyebabkan penyakit Alzheimer
Selain menyebabkan kerusakan sel otak, kontaminasi aluminium foil secara terus-menerus di otak juga bisa membuatmu berisiko tinggi terkena penyakit Alzheimer.

Menimbulkan penyakit ginjal
Zat aluminium foil yang terakumulasi di tubuh akan menimbulkan kerusakan ginjal yang serius.

Merusak liver
Tak hanya ginjal, aluminium foil yang menumpuk dalam tubuh akan merusak liver sebab liver bekerja keras untuk mendetoks racun ini.

Membuat tulang keropos
Peningkatan zat aluminium dalam tubuh bisa mempengaruhi kesehatan otak hingga membuatnya keropos.

Menurunnya daya ingat
Jika kamu merasa akhir-akhir ini mudah lupa, maka periksa metode memasak yang selama ini kamu lakukan. Apakah kamu sering memasak menggunakan aluminium foil? Sebabnya ekskresi dari aluminium akan mengendap di ginjal, terbawa aliran darah ke otak, dan akhirnya mengganggu kemampuan otak untuk mengingat-ingat.

Gangguan saraf
Paparan aluminium foil terus-menerus dalam tubuh akan gangguan saraf dan akhirnya membuatmu mudah gelisah, cemas, atau stres.

Asma
Apakah kamu penderita asma? Jika ya, ucapkan selamat tinggal pada penggunaan aluminium foil untuk memasak sebab zat ini bisa memperparah penyakit asma.

Nyeri perut
Nyeri perut adalah gejala umum dari paparan aluminium foil dalam tubuh. Nyeri perut ini meliputi naiknya asam lambung atau gangguan pencernaan lain.

Kanker usus
Paparan aluminium foil di saluran pencernaan secara konstan akan menyebabkan komplikasi serius yang lebih besar yaitu kanker usus besar.

Aluminium foil sebaiknya tidak digunakan untuk proses memasak agar kamu tidak mendapatkan efek buruk di atas.


Sumber : Merdeka
Powered by Blogger.