Benarkah Keseringan Menggunakan Smartphone Bikin Gangguan Mental?


Penggunaan smartphone atau telepon pintar semakin sulit dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Berbagai kemudahan bertukar informasi atau bersosialisasi menjadikan smartphone menjadi perangkat wajib dalam kehidupan generasi milenial.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Well, sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa menggunakan smartphone terlalu berlebihan bisa membahayakan kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Sebuah penelitian terbaru yang dilansir dari boldsky.com menambahkan satu lagi efek buruk dari penggunaan smartphone yang berlebihan.

"Para remaja yang menghabiskan waktu mereka lebih banyak untuk bersentuhan dengan teknologi atau smartphone mengalami masalah perilaku dan gejala dari ADHD atau attention-deficit hyperactivity disorder," ungkap penulis penelitian ini, Madeleine George dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat.

"Penelitian yang melibatkan 151 remaja ini meneliti kaitan antara kesehatan mental dengan berapa banyaknya waktu yang dihabiskan para remaja untuk bersosial media dan melakukan obrolan dalam sehari. Hasilnya, mereka yang menghabiskan banyak waktu dengan smartphone yang dimiliki cenderung mudah berbohong, berkelahi, dan perilaku buruk lainnya."

Lalu, apa yang membuat smartphone berdampak buruk pada gangguan mental?

"Tanpa disadari terlalu sering memegang smartphone akan membuat masing-masing individu kehilangan kontrol diri dengan baik. Mereka jadi kesulitan untuk mengendalikan perilaku dan emosi yang kemudian memberikan efek buruk pada kesehatan mental," pungkasnya.


Sumber:merdeka
Powered by Blogger.