Gadaikan Mobil & Motor Sewaan, 2 Janda Penyalur TKI Diringkus Polisi

Tersangka penggelapan mobil di Bali. 
Ni PE (32) dan Ni KS (34), diringkus anggota Polsek Mengwi karena menggelapkan sejumlah mobil dan motor. Mobil dan motor yang digelapkan keduanya milik rent car Mahadipa di Jalan Raya Abianbase, Banjar Muncan, Kapal di Kabupaten Badung, Bali.



Kapolres Badung AKBP Ruddi Setiawan mengatakan, terungkapnya kasus tersebut berawal dari laporan korban I Wayan Sujana (42) asal Marga, Tabanan, Rabu (3/5). Korban mengaku delapan mobil dan enam motor miliknya yang disewa oleh kedua tersangka namun tak dikembalikan melebihi batas sewa pada akhir Februari 2017. 

"Hasil penyelidikan pelaku Ni PE terlebih dahulu ditangkap di rumahnya di Banjar Titih, Kapal, Mengwi. Setelah itu, beberapa jam kemudian giliran Ni KS diringkus di kosnya di Jalan Drupadi, Denpasar Timur," kata Ruddi, Senin (8/5).

Dia mengatakan, kedua pelaku menggelapkan sejumlah kendaraan lalu menitipkannya kepada satu orang di wilayah Tabanan. Menurut Ruddi, modus kedua pelaku yang juga merupakan janda itu menyewa mobil dan motor lalu digadaikan ke orang lain.

"Pelaku menyewa kendaraan secara berulang-ulang kemudian digadaikan ke Pak DV," ujar Ruddi.

Tersangka Ni PE beralasan menggadaikan kendaraan karena butuh uang banyak. Sebab, usahanya yang bergerak di bidang penyalur tenaga kerja ke luar negeri macet. 

"Beberapa orang telah membayar uang ke tersangka agar bisa diberangkatkan sekaligus bekerja ke Australia. Namun, karena ada permasalahan, akhirnya mereka tidak bisa berangkat. Uang hasil penggelapan inilah yang dipakai mengembalikan," kata Ruddi.

Selain meringkus kedua tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti delapan mobil dan enam motor. Pihak kepolisian hingga kini masih menyelidiki kasus tersebut.

"Masih kami kembangkan lebih lanjut karena tidak menutup kemungkinan masih ada TKP yang lain. Jadi, kami mengimbau kepada masyarakat yang merasa menjadi korban, kami mohon untuk segera melapor," pungkasnya. 





Sumber : Merdeka
Powered by Blogger.