Kasus HIV di Hong Kong mencapai rekor tertinggi, dengan pria muda yang terinfeksi


Ilustrasi


       Jumlah kasus HIV baru di Hong Kong telah mencapai tingkat tertinggi sejak catatan dimulai pada tahun 1984 sebanyak 202 di kuartal pertama , sekarang pria lebih muda yang terinfeksi.




      Angka dari Pusat Perlindungan Kesehatan pada hari Jumat mengungkapkan bahwa 180 pria dan 22 wanita ditemukan membawa virus tersebut antara Januari dan Maret, sehingga jumlah tersebut menjadi 8.612.

Angka kuartalan tertinggi sebelumnya adalah 195 yang tercatat pada kuartal ketiga tahun 2014.

"Banyak pria yang terinfeksi berusia antara 20 dan 29 tahun, dibandingkan dengan kelompok usia 30 sampai 39 besar di masa lalu," konsultan program pencegahan khusus pusat tersebut, Dr. Kenny Chan Chi-wai mengatakan, menekankan pentingnya penggunaan kondom yang tepat.

Kondom dapat mengurangi risiko tertular HIV. Di antara kasus baru, 116 terinfeksi melalui kontak homoseksual atau biseksual, 26 melalui kontak heteroseksual, dua dengan obat suntik dan satu melibatkan bayi yang terinfeksi oleh ibunya.

Tidak ada informasi cukup untuk mengetahui 57 kasus yang tersisa.

"Pria yang berhubungan seks dengan pria, yang mendominasi epidemi, sangat disarankan untuk menggunakan kondom untuk seks yang lebih aman," kata Chan.

Pusat tersebut mengatakan bahwa kasus terakhir dilaporkan di rumah sakit umum dan klinik (80 kasus), organisasi layanan AIDS (34), dan rumah sakit swasta dan klinik (30). Sekitar 117 pasien telah menerima layanan spesialis HIV.

Sebanyak 692 kasus HIV dilaporkan ke pusat pada tahun 2016, dibandingkan dengan 725 pada tahun 2015. Angka terbaru juga mengungkapkan bahwa 17 kasus AIDS baru dilaporkan pada kuartal pertama, membawa ke 1.783 jumlah total kasus yang dikonfirmasi yang dilaporkan sejak 1985.

"HIV adalah penyebab AIDS dan tanpa pengobatan sekitar setengah dari orang yang terinfeksi HIV akan berkembang menjadi AIDS dalam waktu 10 tahun. Pengobatan HIV mencegah AIDS dan memperpanjang kelangsungan hidup secara signifikan, "kata Chan.



Sumber : Diterjemahkan oleh majalah holiday dari SCMP

No comments

Powered by Blogger.