Kata Pakar, Setelah Makan Buah Ini Tak Dianjurkan Minum Air Putih


Ilustrasi


       Setelah mengonsumsi beberapa jenis buah tertentu, Anda dianjurkan untuk tidak langsung minum air putih agar manfaatnya maksimal. Mengapa demikian? Menurut nutrisionis dari Columbia Asia Hospital, India, Aditi Sharma, setelah mengonsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi sebaiknya jangan langsung minum air putih terlalu banyak. Buah-buah tersebut di antaranya semangka, melon, mentimun, jeruk, nanas, dan stroberi.



Sharma menjelaskan kebiasaan minum air setelah mengonsumsi buah-buahan tersebut dapat mengganggu tingkat pH dalam tubuh. "Tubuh membutuhkan tingkat pH tertentu untuk mencerna makanan. Nah, kadar pH ini bisa terganggu jika Anda mengonsumsi air setelah diberi makanan yang sudah mengandung air," tutur Sharma, seperti dikutip dari Times of India.

Karena alasan ini pula, buah-buahan yang kaya serat dan air seperti pepaya dan melon tidak disarankan untuk diminum saat perut masih kosong. Hal ini dapat 'mengencerkan' kadar pH dalam sistem pencernaan.

"Makanan dengan banyak air ini dicerna dengan cepat oleh sistem pencernaan Anda. Ketika Anda justru minum banyak air setelahnya, maka proses ini akan terganggu," imbuh nutrisionis lainnya, Simran Saini.

Secara umum, pakar menganjurkan Anda sebaiknya tidak mengonsumsi air langsung setelah makan buah ini. Waktu yang ideal untuk minum air putih yakni 30-40 menit setelahnya.



Sumber : detik
Powered by Blogger.