KBRI Malaysia Gagalkan Upaya Pengiriman Puluhan TKI Ilegal ke Arab Saudi


Sebanyak empat puluh calon tenaga kerja wanita yang diduga korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) berhasil dipulangkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu 10 Mei 2017.



Puluhan calon tenaga kerja wanita ini tiba di tanah air dengan pengawalan satgas pelayanan dan perlindungan WNI yang berada di Malaysia, rencananya para tenaga kerja wanita akan dipekerjakan oleh agen non prosedural ke Riyadh Arab Saudi. Namun atas kejelian petugas KBRI di Malasyia para calon tenaga kerja indonesia berhasil dikembalikan karena tidak mempunyai keterampilan khusus.

Sopie, salah satu calon TKW mengatakan dirinya diberangkatkan tanpa dipungut biaya, ia berangkat dari Surabaya menuju Malasyia dan rencananya langsung menuju ke Riyadh Arab Saudi, namun dirinya tidak mengetahui bahwa keberangkatanya secara ilegal.

Sementara Yusron Satgas Pelayanan dan Perlindungan WNI di Malaysia mengatakan bahwa 40 puluh tenaga kerja akan diberangkatkan ke Riyadh Arab Saudi melalui Malaysia, namun beruntung pihak satgas KBRI di Malaysia mencegah keberangkatan para TKI, dirinya juga sudah bekerja sama dengan Bareskrim dan Kejaksaan untuk menindak lanjuti masalah ini.

Sementara usai didata oleh petugas, sebanyak empat puluh calon TKW akan kembali diperiksa oleh Satgas TPPO Mabes Polri di daerah Jakarta Timur, sebelum dipulangkan ke daerah asalnya masing masing.


Sumber : Tempo

Powered by Blogger.