Kurang Vitamin? Ini Cara Deteksinya Melalui Wajah


Ilustrasi


      Seringkali, masalah kesehatan pada tubuh dapat dideteksi hanya melalui pemeriksaan medis di fasilitas pelayanan kesehatan. Tapi, para peneliti kini menemukan cara mendeteksi kekurangan vitamin melalui raut wajah.




Dilansir dari laman Medical Daily, cara paling mudah melihat kekurangan nutrisi tubuh yaitu dengan bercermin. Berikut lima tanda kekurangan nutrisi pada wajah yang dapat dideteksi dengan mudah beserta vitamin yang dibutuhkannya.

1. Mata bengkak

Saat terbangun dari tidur di pagi hari, mungkin area mata jarang diperhatikan. Namun, mata bengkak menjadi indikasi tubuh kekurangan iodin. Studi tahun 2006 menemukan kaitan antara kekurangan asupan iodin dan penyakit tiroid. Tanda tubuh kekurangan iodin bisa dilihat melalui kulit kering, berat badan bertambah, dan kuku yang rapuh.
Siasati dengan asupan yang mengandung tinggi iodin seperti cranberi, yoghurt, kentang, stroberi.

2. Kulit wajah pucat

Kulit pucat menjadi tanda Anda kekurangan vitamin B12. Kekurangan vitamin jenis ini dapat membuat kulit terlihat pucat dan membuat tubuh merasakan kelelahan.
Makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu salmon, daging merah, sereal, yoghurt, dan keju swiss.

3. Rambut kering

Kondisi rambut yang kering biasanya dipicu kekurangan biotin atau vitamin B7. Kekurangan biotin membuat kulit rapuh dan rambut menipis. Sedangkan biotin dapat ditemukan pada suplemen tambahan untuk memicu kualitas rambut yang lebih baik serta merawat diabetes. Selain itu, kebutuhan vitamin B7 dapat ditemukan di makanan seperti telur, almond, kacang jenis lain, dan gandum utuh.

4. Bibir pucat

Berbeda halnya dengan kulit wajah yang pucat, bibir yang terlihat pucat menjadi tanda tubuh kekurangan zat besi. Hal ini berdampak besar pada kekurangan sistem imun di tubuh. Sedangkan kombinasi antara kulit dam bibir pucat, menjadi tanda tubuh yang anemia.
Disarankan pilih makanan yang tinggi akan zat besi seperti daging merah, seafood, kacang tanah, sayuran hijau, sereal tinggi zat besi.

5. Gusi berdarah

Adalah normal saat gusi berdarah usai menyikat gigi. Tapi, jika dalam aktivitas lain juga ditemukan gusi yang berdarah dan cenderung sering, menjadi tanda tubuh kekurangan vitamin C. Tubuh akan meresponnya dengan cara gusi yang mudah berdarah serta nyeri otot dan sendi.
Cara terbaik mendapatkan vitamin C yaitu dengan konsumsi buah jeruk. Selain itu bisa juga ditemukan di kale, brokoli, stroberi, dan anggur.



Sumber : Viva
Powered by Blogger.