Mari Bantu Bocah Andi Cari Ibunya, Seorang TKW di Arab Saudi

Andi mencari mamanya dengan minta tolong Jokow.sumber photo:kumparan

Andi (9 tahun) terus menangis menanti kabar ibunya, Rosna Labitte, yang menjadi TKW di Arab Saudi. Rosna sudah 8 tahun tak pulang dan 2 tahun terakhir tak ada komunikasi. Keluarga pun cemas, bagaimana kondisi Rosna?

 https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, mendesak agar pemerintah membantu mencari keberadaan Rosna. Menurutnya, selain perwakilan Indonesia di Saudi, tugas mencari informasi itu juga bisa melalui BNP2TKI dan Kementerian Tenaga Kerja. Sebab, setiap pemberangkatan TKI prosedural sudah mendapatkan persetujuan dari kedua lembaga itu.

"Kalau perwakilan luar negeri, ya bisa cari informasi di antara sesama TKI di sana. Sementara, BNP2TKI dan Kemenaker bisa dituntut untuk mencari tahu perusahaan yang mengirimkannya. Dengan begitu, riwayat pengiriman dan penempatannya bisa diketahui," ucap Saleh Daulay dilansir dari  kumparan (kumparan.com), Rabu (17/5). 

Saleh Partaonan Daulay, Anggota DPR&PA.sumber photo:kumparan 


Saleh mengatakan, pemerintah tentu harus serius melakukan pencarian. Pasalnya, salah satu tugas pokok negara yang direpresentasikan pemerintah adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia. 

"Tentu saja termasuk Ibu Rosna ini," kata politikus PAN asal Sumatera Utara itu.

Tak hanya melalui pemerintah, Saleh menyebut pencarian bisa melalui DPR RI yang kebetulan saat ini sedang berada di Arab Saudi. "Mumpung teman-teman DPR yang dipimpin Pak Fahri Hamzah lagi berada di Saudi, saya harap juga bisa menanyakan dan mengecek masalah ini," tuturnya.
"Bersama-sama KJRI, teman-teman DPR bisa melakukan penelusuran awal," imbuh Saleh.

Rosna Labitte pergi menjadi TKW ke Arab Saudi sejak sekitar tahun 2009-2010, setelah melahirkan Andi yang kini tinggal di Jalan Sungai Wera, Palu, Sulawesi Tengah.

Sejak berangkat ke Arab Saudi, Rosna beberapa kali berkomunikasi dengan pihak keluarga melalui sambungan telepon. Rosna pun rajin mengirimkan uang untuk Andi dan juga keluarganya. Namun dua tahun terakhir Rosna berhenti menghubungi. 


Sumber:kumparan
Powered by Blogger.