Meski Nyaman, Sandal Jepit Bisa Cederai Kaki

ilustrasi

Memakai sandal jepit memang terasa nyaman dan santai, tapi keseringan menggunakan alas kaki jenis ini justru dapat mencederai kaki.



Doug Kechijian, physical therapy dari Peak Performance, New York, mengatakan, saat memakai sandal jepit, jemari kaki akan berada pada posisi mengepal.

"Itu bukan posisi yang seharusnya bagi kaki Anda," ujar Kechijian. 

Kondisi tersebut dapat menyebabkan bagian kaki--khususnya jari--terasa kaku dan darah tidak mengalir dengan baik. Jika ini terjadi secara konstan dapat mengubah gaya berjalan Anda, yang akhirnya menyebabkan masalah pada otot kaki hingga betis.

Terlalu sering menggunakan sandal jepit juga dapat menyebabkan kondisi plantar fasciitis atau inflamasi pada plantar fascia (penyebab nyeri tumit).

Plantar fascia merupakan sekelompok jaringan padat dan kuat (ligamen) yang berada di sepanjang telapak kaki dan menghubungkan tulang jari-jari kaki ke tulang tumit.

"Ketika Anda berlari, maka rasa sakit akan timbul di bagian bawah tumit," kata Kechijian dikutip dari Men's Health, Jumat (5/5/2017).

Kechijian menyarankan untuk tidak menggunakan sandal jepit untuk berjalan jauh atau berjalan dengan waktu yang lama. Jika Anda tetap ingin menggunakannya, pilih sandal jepit dengan kualitas tali yang terbaik.




Sumber : Liputan6
Powered by Blogger.