Puasa Ramadan, Waktunya Membentuk Tubuh Ideal

ilustrasi
Puasa Ramadan yang dilakukan selama satu bulan penuh memberikan banyak manfaat. Tidak saja mendapat ganjaran pahala, tetapi baik untuk tubuh. Salah satunya, menurunkan berat badan. 

 https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Namun, tidak menurunkan berat badan, meski menjalani ibadah puasa dengan menahan haus dan lapas sekitar 14 jam. Pasalnya, saat berbuka, jika tidak mengatur asupan makanan, bisa berdampak pada bobot yang bertambah.

Anda pun harus melakukan beberapa cara agar berat badan menjadi ideal.  Berikut ini 5 tipsnya seperti dilansir Al Arabiya.

1. Mengonsumsi makanan yang seimbang
Berbuka puasa yang seimbang bisa membantu menurunkan berat badan. Para ahli menganjurkan berbuka dengan kurma karena kadar gula didalamnya bisa mengembalikan energi tubuh dengan cepat.

Selanjutnya, pilih semangkuk kecil sup sayuran dan hindari sup dengan tambahan krim. Anda juga bisa mengonsumsi salad sayur campur dan batasi penggunaan minyak zaitun sampai 1-2 sendok teh.

Untuk hidangan utama, hindari makanan yang tinggi lemak, seperti gorengan. Selain seimbang, pastikan Anda makan dalam porsi yang tidak berlebihan.

2. Hindari konsumsi gula
Konsumsi gula berlebih, khususnya gula olahan bisa membuat berat badan melonjak. Sebagai pengganti, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan atau madu.

3. Cukup minum
Menjaga kecukupan cairan penting saat puasa. Tak hanya mampu terhindar dari dehidrasi, hal ini juga bisa mengendalikan  naiknya gula darah setelah berbuka puasa. Idealnya konsumsi dua liter atau delapan gelas air sehari.

4. Tidak melewatkan sahur
Melewati sahur akan membuat Anda lapar keesokan harinya yang menyebabkan makan berlebihan saat berbuka puasa. Saat sahur, kurangi asupan garam agar tidak mudah haus. Sementara agar kenyang lebih lama, menu sahur harus terdiri dari karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan mengandung protein seperti keju atau telur.

5. Olahraga
Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Para ahli menganjurkan untuk tetap menjaga aktivitas sehari-hari. Anda bisa melakukan olahraga selama 30 menit seperti sit up dan squat setelah berbuka puasa.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.