5 Tips Bikin Puasa Lancar Bagi Penderita Diabetes

ilustrasi

Diabetes bisa dibilang sebagai penyakit yang lumayan tricky untuk dirawat. Agar tak terjadi lonjakan gula darah yang signifikan, penderita diabetes melakukan diet dan pengaturan pola makan khusus.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Lalu, bagaimana jika penderita diabetes berpuasa? Apakah puasa jadi terganggu? Kuncinya memang tetap terletak pada menu yang dikonsumsi, jumlah makanan yang akan disantap, serta tips berikut ini seperti dilansir dari healthmeup.com.

Jangan melewatkan sahur
Hindari melewatkan sahur meski kamu mengantuk. Sebab setiap kali kamu melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka kadar gula darah akan terdorong lebih tinggi. Hal ini terjadi akibat kelaparan yang kemudian tubuh melepaskan glukosa sebagai bahan bakar dan lama-kelamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Konsumsi karbohidrat sehat
Karbohidrat adalah salah satu unsur makanan yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun pilihlah dengan bijak seperti tidak mengonsumsi roti tawar putih sebab roti tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa.

Konsumsi kayu manis
Sebuah penelitian kesehatan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kayu manis akan turun gula darahnya sebanyak 18-29%. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila kamu menambahkan rempah-rempah ini pada kopi, teh, atau bahkan plain yogurt . Selain bermanfaat untuk menurunkan gula darah, menambahkan kayu manis dapat memberi rasa dan aroma yang enak pada makananmu.

Tidur cukup
Ada banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah. Sehingga pastikan bahwa meski sedang puasa, kamu tetap tidur 8 jam setiap hari.

Makan lebih banyak kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah makanan tinggi serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Hal ini berarti bahwa makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan glukosa. Di sisi lain, kacang juga sumber lemak tak jenuh yang tidak dapat meningkatkan kadar gula darah.

Itulah tips sehat yang bisa dilakukan penderita diabetes agar puasa berjalan dengan lancar. Selamat mencoba! 

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.