Awas! Mandi Terlalu Lama Buat Kulit Jadi Kering

ilustrasi
Mandi merupakan cara mudah untuk menjaga tubuh tetap bersih, terawat dan terhindar dari berbagai macam masalah kulit. Namun, pastikan Anda tidak mandi terlalu lama. Pasalnya, hal ini bisa membuat kulit menjadi kering lantaran lunturnya kadar lemak yang menjadi salah satu pelembap untuk kulit.

 https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


"Sejauh ini, penelitian mengenai hal tersebut di sini (negara tropis) belum ada, akan tetapi penelitian di sejumlah negara Eropa, dan Amerika menyarankan supaya mandi dilakukan dalam waktu antara 5-10 menit,” papar spesialis kulit dari Bamed Skin Care, Pandu Pradana.

Selain menggunakan gayung, beberapa orang memilih mandi dengan berendam dalam bathtub. Menurut Pandu, hal ini boleh dilakukan, namun agar kelembapan kulit tetap terjaga sebaiknya tambah air dengan minyak lavender. Selain itu, untuk berendam juga tidak dianjurkan menggunakan air hangat.

Penggunaan air hangat dinilai bisa menyebabkan kulit menjadi kering lantaran larutnya lemak di kulit. Pandu juga menyarankan untuk memperhatikan penggunaan sabun. Di mana penggunaan sabun antiseptik secara terus menerus bisa membuat kulit menjadi kering.

"Pakai sabun yang memiliki kandungan untuk melembapkan kulit. Setelah mandi, gunakan pelembap sesegera mungkin setelah mandi, itu waktu yang ideal. Pelembap bagus jika keadaan kulit masih sedikit basah, sangat berbeda jika dibandingkan menggunakan lotion atau pelembap saat kulit kering seperti di tengah kegiatan yang merasa perlu diberikan lotion,” pungkasnya. 

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.