Bobot Turun Saat Puasa, Ini Caranya Supaya Tak Naik Lagi Saat Lebaran


Ilustrasi


     Berat badan sudah turun setelah berpuasa di bulan Ramadan? Perhatikan kembali pola makan Anda setelahnya, terutama saat Lebaran. Momen ini bisa menjadi ajang 'balas dendam' sehingga perlu diatur.



Menurut nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, saat Lebaran perhatikan pilihan makanan yang ada. Jika memang banyak tapi kebanyakan digoreng, bersantan atau berlemak, maka ada trik khususnya.

"Jangan lupa minumlah segelas air putih sebelum mulai makan. Lalu mulailah makan dengan makan buah. Setelah makan buah baru mulai nasi dengan porsi setengah piring untuk sayur, seperempat piring untuk nasi, dan seperempat lagi untuk lauk," ujar Victoria

Jika setelah itu Anda masih merasa lapar, maka hindari makan lagi atau mengonsumsi kue-kue manis. Sebaiknya cobalah redam lapar tersebut dengan air putih atau makan buah segar.

"Berikan jeda minimal satu jam dari makan sepiring nasi ke piring nasi berikutnya jika memang ingin tambah. Diharapkan dengan memberi jeda tersebut nafsu makan sudah hilang, terutama jika memang hanya terbawa nafsu melihat makanan yang berlimpah," imbuhnya.

Yang tak kalah penting, sering-seringlah minum air putih. Victoria menjelaskan mungkin saja sinyal haus tubuh disalahartikan sebagai sinyal lapar.

Sebelumnya, ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, MKes juga pernah menuturkan hal serupa. Kendalikan emotional eating merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan.

"Boleh makan apa saja, silahkan saja dinikmati. Tapi ingat setiap kali makan itu kita harus mencoba mengombinasikannya dengan menu penyeimbang. Jadi artinya hari ini ada lontong dan opor, kalau kita campur sayur kan tidak enak rasanya, ya kalau begitu setelahnya seimbangkan dengan buah utuh. Jangan lupa konsumsilah buah utuh yang banyak," pesan Rita.

Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.