Cuka Apel Bisa Turunkan Kadar Gula Darah dan Cerahkan Gigi


Pernah mendengar apple cider vinegar atau cuka apel? Beberapa selebritas dunia seperti Scarlett Johannson dan Katy Perry menggunakannya sebagai 'ramuan rahasia' untuk menjaga keindahan kulit atau kesehatan tubuh.



Cuka apel memang dikenal memiliki banyak manfaat dan kerap digunakan sebagai ramuan rumahan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Berikut empat di antara beragam manfaat cuka apel, dikutip dari laman Elite Daily, Jumat (16/6/2017):

1. Menurunkan kadar gula darah

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Functional Foods berhasil menunjukkan dampak cuka apel pada individu yang berisiko mengembangkan diabetes tipe 2.

Para partisipan studi yang diminta mengonsumsi cuka apel dua kali sehari selama 12 minggu menunjukkan kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tak meminumnya sama sekali.

2. Mengurangi keinginan mengudap

Kemampuan cuka apel mengontrol kadar gula darah otomatis meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mengurangi keinginan untuk mengudap makanan manis.

Dengan kadar gula darah stabil, kecil kemungkinan Anda ingin makan camilan manis.

3. Memutihkan gigi

Kandungan asam dalam cuka apel bisa membantu mengenyahkan penumpukan plak di gigi dan noda yang menempel akibat minuman seperti anggur atau kopi.

Tak hanya itu, cuka apel juga ampuh membasmi bakteri buruk di mulut.

4. Mencerahkan kulit

Ingin kulit mulus dengan pori-pori kecil? Kadar pH cuka apel serupa dengan asam alami yang melapisi kulit, itu sebabnya cuka apel mampu mengembalikan keseimbangan dan mengatasi masalah kulit apa pun.

Antibakteri dan antiseptik alami cuka apel pun bisa mengobati jerawat.

Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.