Jangan Biasakan Minum Obat saat Sakit Gigi, Coba Cara Ini Yuk


Ilustrasi


         Sakit gigi terjadi akibat banyaknya kuman bakteri. Pola hidup yang tidak sehat, seperti malas menggosok gigi menjadi salah satu faktor penyebabnya.



Bukan hanya itu, sakit gigi juga bisa dikarenakan salah dalam menyikat gigi. Luka yang timbul akibat gesekan yang terlalu keras di gigi bisa memicu masalah tersebut.

Sakit gigi juga memiliki risiko komplikasi. Salah satunya adalah nyeri kepala yang terlalu sakit. Hal tersebut terjadi akibat saraf gigi yang berdekatan dan saling berhubungan dengan saraf otak. Sehingga, jika terjadi peradangan pada gigi yang merangsang saraf untuk mengirimkan sinyal nyeri ke otak.

Mungkin bagi Anda yang tidak menyukai mengonsumsi obat oral saat sakit gigi, cara alami bisa dicoba. Dilansir dari Everydayroots, terdapat beberapa bahan alami yang bisa mengobati sakit gigi.

1. Cengkeh

Cengkeh mengandung zat yang disebut eugenol, yaitu antiseptik dan penghilang rasa sakit berlebih. Cengkeh sudah banyak digunakan dokter gigi jauh sebelum kedokteran gigi modern berkembang.

Eugenol, dalam bentuk yang dimurnikan, masih digunakan sampai sekarang. Salah satu cara pengaplikasiannya adalah melarutkan cengkeh dan tempelkan cairan cengkeh ke gigi yang nyeri dengan bantuan kapas halus.

2. Alkohol

Alkohol menjadi salah satu obat yang tepat untuk meredakan nyeri yang luar biasa. Yang bisa Anda lakukan dengan alkohol adalah mengoleskannya langsung ke gigi atau area sekitar gigi yang bermasalah. Atau bila memungkinkan, dengan meminumnya.

3. Peppermint oil

 Ini merupakan pembunuh rasa sakit alami yang cukup efektif. Jenis molekul yang terdapat di mentol ialah ligan. Cairan ini dipercaya bisa menghambat rasa sakit yang berlebih. Tak hanya itu, peppermint oil juga bisa mengurangi sensitivitas dengan sensasi dingin yang dihasilkan.

 4. Berkumur dengan air asin

 Pengobatan ini diyakini bisa membantu menyembuhkan sakit gigi dan mengurangi rasa sakit sebelum Anda mendapatkan perawatan sakit gigi dengan dokter. Alasan kenapa cairan asin bisa menyembuhkan adalah garam membantu menetralisir asam laktat yang muncul karena gula makanan. Dengan berkumur air asin, bisa memperlambat proses pembusukan secara signifikan. Air garam yang hangat juga bisa membantu meredakan jaringan yang radang.


Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.