Jelang Lebaran, Kiriman Uang dari TKI Cirebon Naik 15 Persen

ilustrasi

Jumlah pengiriman uang dari para tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Cirebon jelang Lebaran mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari jasa pengiriman uang Western Union (WU) di Kantor Pos Cirebon. Di mana jumlah kenaikan mencapai 15 persen.



Manager Pelayanan Kantor Pos Cirebon Rudi Rinaldi mengatakan, jumlah kiriman uang melalui WU di Kantor Pos Cirebon pada 14 Juni lalu, mencapai angka Rp 29 miliar. Jumlah tersebut, kata Rudi, mengalami peningkatan hingga Rp3 miliar dibandingkan bulan sebelumnya dengan tanggal yang sama, di mana hanya mencapai Rp26 miliar. “Setiap hari kalau dirata-rata mencapai 2 miliar rupiah uang yang masuk ke sini,” kata Rudi.

Lebih lanjut, dikatakan Rudi, peningkatan tersebut dikarenakan faktor jelang Lebaran yang kurang dari dua pekan lagi. Rudi memperkirakan akan ada kenaikan jumlah kiriman pada H-7 nanti. Kemudian, lanjut Rudi, diprediksi pada lebaran kali ini, Kantor Pos Cirebon akan menerima kiriman hingga Rp50 miliar. “Kalau tahun kemarin saat menjelang Lebaran cuma sampai angka Rp42 miliar saja,” ujar Rudi.

Rudi menerangkan, tingginya pengiriman uang dari luar negeri karena Cirebon menjadi salah satu lumbung TKI terbesar di Indonesia. “Kalau asal pengiriman, saya memastikan kiriman tersebut lebih banyak dari TKI. Dan, mayoritas dari Timur Tengah. Nominal pengirimannya mulai dari Rp1 sampai Rp30 juta,” jelas Rudi.

Rudi mengimbau kepada penerima kiriman dengan menggunakan WU untuk tidak mempublikasikan Money Transfer Control Number (MTCN) atau memberikannya kepada orang yang tidak dikenal. Karena, MTCN merupakan kode khusus yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima. “Kode khusus tersebut jangan sampai diketahui orang lain, disimpan baik-baik,” tandas Rudi. 

Sumber : Radar Cirebon

No comments

Powered by Blogger.