Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

ilustrasi

Pernahkah Anda merasa begitu lapar saat bangun tidur? Jika itu yang Anda alami, apa yang terlebih dahulu Anda cari? Makanan atau air putih? Ada baiknya lebih mementingkan untuk meminum air putih saat baru bangun tidur karena ini sangat berguna untuk tubuh. Minum air putih saat bangun tidur, ketika kondisi perut masih kosong dan belum diisi apa pun, merupakan salah satu upaya untuk membuat tubuh tetap sehat dan mengobati berbagai penyakit.



Jika menu makanan lezat begitu menggoda tersaji di depan Anda saat baru bangun tidur, jangan buru–buru menyantapnya. Minumlah empat gelas air terlebih dahulu dan jangan buru–buru makan setelahnya. Begitu pentingnya minum air putih ini karena memang terbukti membawa banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari situs lifehack, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika minum air putih saat perut dalam keadaan kosong.

Menghilangkan racun dalam tubuh
Malam hari saat beristirahat tubuh memperbaiki sel – sel yang rusak dan mengeluarkan semua racun tubuh. Pagi harinya saat baru bangun tidur perut masih dalam keadaan kosong. Yang tersisa di dalamnya adalah racun sisa semalam. Jika saat baru bangun tidur Anda langsung minum putih empat gelas tanpa makan apa pun sebelumnya, Anda akan membersihkan semua racun yang tersisa dalam tubuh. Selain itu sel darah baru akan meningkat dan produksi sel otot juga bertambah.

Meningkatkan metabolisme
Anda yang sedang menjalankan diet ketat sangat membutuhkan peningkatan metabolisme tubuh, setidaknya mencapai 24 persen. Jika metabolisme tubuh meningkat maka berpengaruh pada sistem pencernaan yang semakin baik. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh ini salah satunya bisa dilakukan dengan minum air putih saat perut dalam keadaan kosong terutama saat baru bangun tidur. Air yang masuk ke dalam tubuh akan membersihkan usus besar sehingga lebih mudah mencerna nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Mencegah infeksi kandung kemih dan batu ginjal
Infeksi kandung kemih dan batu ginjal tentu sangat berbahaya dan perlu pengobatan serius. Namun jika bisa punya kebiasaan minum air putih saat perut kosong, Anda akan terhindar dari penyakit ini. Minum air putih saat perut dalam kondisi kosong terbukti bisa mengencerkan asam yang menyebabkan pengkristalan di dalam ginjal.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih saat baru bangun tidur dengan takaran yang dianjurkan agar terhindar dari infeksi kandung kemih.

Membuat Kulit Lebih Bercahaya 
Salah satu manfaat yang bisa didapat jika banyak minum air putih adalah Anda akan terlihat awet muda. Kelembaban kulit akan tetap terjaga dengan asupan air yang cukup. Kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan dehidrasi dan berpengaruh pada kulit. Keriput dini bisa terjadi kalau kekurangan air dalam tubuh. Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh berguna untuk mengeluarkan racun tubuh dan membuat kulit jadi bercahaya.

Setidaknya, minum 500 ml air saat perut kosong sangat berguna untuk meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit makin sehat. Jika Anda ingin tetap sehat dan terus terlihat awet muda, jangan lupa banyak minum air putih sepanjang hari.


Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.