Manfaat Semangka untuk Kecantikan

ilustrasi
Semangka merupakan buah tropis yang banyak digemari orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Dibalik rasanya yang lezat, buah ini juga bisa menjaga metabolisme tubuh hingga merawat kulit wajah.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Lalu apa saja manfaat buah kaya akan kandungan air ini untuk kecantikan? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Sociolla.

1. Mencegah penuaan dini
Semangka kaya akan likopen dan antioksidan. Kedua nutrisi ini diyakini bisa melindungi Anda dari efek radikal bebas yang merangsang pertumbuhan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, keriput dan bintik hitam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan semangka sebagai masker atau mengonsumsinya langsung setiap hari.

2. Menjaga kelembapan kulit
Dibanding buah lainnya, semangka kaya dengan kadar air yang paling tinggi. Hal ini baik untuk menghidrasi kulit wajah, khususnya jika Anda memiliki jenis kulit yang kering. Selain dagingnya, kulit semangka juga baik untuk mengecilkan pori-pori dan menyegarkan kulit wajah. Salah satu cara untuk mendapatkan khasiat kulit lembap adalah dengan mencampurkan madu dan semangka yang sudah dihaluskan untuk dijadikan masker wajah.

3. Meminimalisir timbunan minyak pada kulit
Pori-pori kulit yang besar dapat memicu kelenjar minyak untuk bersekresi berlebih. Namun, semangka memiliki kandungan vitamin A yang tinggi hingga dapat mengecilkan ukuran pori-pori dan meminimalkan sekresi minyak berlebih yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous.

4. Merevitalisasi kulit
Selain melembapkan, semangka juga bisa merevitalisasi kulit wajah. Kandungan vitamin C di dalamnya dikenal baik untuk mencerahkan kulit yang kusam dan meregenerasi sel-sel kulit yang mati. Selain itu, semangka juga bisa memberikan kesegaran pada wajah yang lelah.

Anda bisa membuat masker semangka dengan mudah di rumah. Pisahkan daging semangka dari kulitnya, kemudian haluskan dengan sendok dan tambahkan sedikit perasan lemon. Oleskan masker pada wajah dan diamkan hingga kering, bilas wajah hingga bersih.

5. Mengatasi jerawat

Jika Anda memiliki jenis kulit yang rentan terhadap masalah jerawat, maka solusi alaminya adalah melakukan perawatan dengan masker semangka. Buah ini kaya akan vitamin dan enzim yang memberikan efek segar pada kulit yang mengalami inflamasi atau peradangan. Anda cukup memijat kulit dengan masker semangka. Selain itu kandungan vitamin C pada semangka juga bisa mengurangi noda bekas jerawat yang membandel. 

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.