Menilik Peluang Usaha di Desa dan Kota Kecil

ilustrasi
Setiap daerah memiliki keunikannya sendiri, termasuk desa dan kota kecil. Tinggal di kota besar bukanlah sesuatu yang “wow” saat ini. Ada banyak keunikan di desa yang tidak dimiliki oleh kota-kota besar.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Keunikan itu di antaranya pemandangan alam, semangat gotong royong, dan tingkat kepedulian masyarakat yang masih tinggi. Ketiga hal ini sangat jarang ditemukan di kota. Pasalnya masyarakat perkotaan cenderung cuek dan beranggapan “you can take care of yourself”.

Kesempatan untuk meraih kesuksesan bisa diraih di mana saja asalkan kita ulet dan tekun untuk menjalankan usaha yang dimiliki. Kebingungan kerap kali datang menghampiri ketika kita hendak membuka usaha. Hal yang perlu diketahui adalah pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan minat yang dimiliki. Melakukan segala hal yang disukai cenderung membuat kita semangat untuk mengerjakannya. Dengan demikian, usaha yang dijalankan juga akan berkembang dengan cepat.

Jika masih bingung untuk menentukan jenis usaha yang tepat di desa dan kota kecil, berikut beberapa jenis usaha yang bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Beternak

Beternak merupakan jenis usaha yang menjadi primadona masyarakat pedesaan. Daerah pedesaan yang masih banyak ditumbuhi pepohonan dan rumput hijau membuat Anda bisa menghemat pengeluaran. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk makanan hewan ternak tersebut kecuali untuk asupan vitamin dan vaksin. Hewan ternak yang bisa dijadikan pilihan seperti kambing, sapi, kerbau, lembu, dan ayam.

2. Budidaya Ikan

Ikan adalah lauk pauk oleh masyarakat di dunia. Ikan juga memiliki kandungan protein yang bagus bagi tubuh. Ada dua jenis budidaya ikan yaitu budidaya ikan pedaging bisa menjadi pilihan yang tepat jika bermaksud untuk mengkonsumsi ikan tersebut seperti ikan lele dan ikan mujair. Budidaya ikan hias jika bermaksud untuk mempercantik tampilan rumah Anda.

3. Usaha Makanan

Daerah pedesaan biasanya menawarkan jenis makanan yang unik yang jarang dijumpai di daerah perkotaan, seperti lapis talas. Makanan ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari daerah tempat tinggal Anda. Buatlah lapis talas yang menarik dengan cita rasa yang nikmat.

Selain itu, Anda juga bisa membuka warung sarapan pagi. Usaha ini sangat menjanjikan baik di desa maupun di kota apalagi jika masyarakat yang tinggal di sekitar cenderung sibuk sehingga tidak bisa menyiapkan sarapan di pagi hari.

4. Kerajinan Tangan

Daerah pedesaan dan kota kecil memiliki hasil kerajinan tangan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tingkat kreativitas masyarakat pedesaan dalam menganyam dan menghasilkan kerajinan tangan yang berkualitas tinggi memang patut diacungi jempol.

Pasalnya, banyak produk handmade yang sudah berhasil menembus pasar luar negeri. Harga yang dipatokkan pada setiap produknya pun bisa mencapai jutaan rupiah. Agar produk handmade bisa tembus ke pasar luar negeri, Anda perlu membuat kerajinan tangan dengan kualitas tinggi. Buatlah kerajinan tangan yang menarik dan menggambarkan ciri khas dari daerah tersebut.

5. Membuka Usaha Kelontong

Pernahkah Anda mendengar bahwa ada orang yang menjadi kaya berkat usaha kelontong? Sekilas memang terlihat mustahil, namun ini benar-benar terjadi. Usaha ini bisa menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga. Bukalah toko kelontong sederhana yang menjual keperluan sehari-hari seperti anti nyamuk, bumbu makanan, sembako, dan makanan ringan.

6. Jual Pulsa Elektrik

Saat ini, populasi smartphone sudah tersebar di semua wilayah di Indonesia tanpa terkecuali. Smartphone tidak lagi digunakan oleh pebisnis saja, bahkan saat ini anak yang masih duduk di sekolah dasar saja sudah memiliki ponsel pintar ini. Smartphone kerap kali dipandang sebagai alat untuk menunjang pekerjaan. Hal inilah yang membuat ponsel tanpa pulsa rasanya tidak berguna.

Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang untuk menambah pundi-pundi rupiah. Mulailah untuk berjualan pulsa elektrik kecil-kecilan. Siapa tahu bisnis tersebut bisa berkembang menjadi lebih besar beberapa tahun kemudian? Kerja keras adalah kunci dari keberhasilan. Milikilah semangat pantang menyerah dan percayalah kalau usaha yang dijalankan bisa berkembang dikemudian hari. Semoga sukses.

Sumber:republika

No comments

Powered by Blogger.