Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Stroberi

Ilustrasi

      Kolesterol LDL dan trigliserida dapat diturunkan secara alami dengan mengonsumsi buah stroberi. Manfaat antioksidan dalam kesehatan sudah diketahui umum, dan buah stroberi banyak mengandung zat yang berkhasiat ini.



Pada penelitian baru-baru ini, 23 peserta yang sehat harus mengonsumsi 500 gram stroberi setiap hari selama sebulan lebih. Kemudian sampel darah diambil pada awal dan akhir masa studi untuk dilakukan perbandingan.

Hasilnya menunjukkan adanya penurunan kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida masing-masing sebesar 8,78 persen, 13,72 persen, dan 20,8 persen. Kadar kolesterol HDL tetap tidak berubah.

Peneliti Maurizio Battino mengatakan, “Ini adalah pertama kalinya sebuah penelitian yang dipublikasikan dan mendukung peran protektif senyawa bioaktif pada stroberi dalam menangani penanda yang dikenal dan faktor risiko penyakit kardiovaskular.”

Meski komponen penurun kolesterol yang tepat pada stroberi tidak diketahui, para periset menduga itu adalah pigmen buah yang memberi warna merah.

Manfaat stroberi bagi kesehatan jantung

Stroberi mengandung vitamin C yang berlimpah, dan rendah kalori dan lemak. Sumber serat yang sangat baik, stroberi juga mengandung sejumlah besar mangan, yodium, potasium, asam folat, dan vitamin K. Kombinasi unik dari nutrisi yang terdapat pada stroberi dapat menghasilkan efek anti-inflamasi dalam tubuh dan kalori rendah / kombinasi serat tinggi, membuat mereka menjadi pilihan penurunan berat badan yang sangat baik.

Nutrisi yang ditemukan dalam buah stroberi bisa memberikan manfaat kesehatan bagi jantung. Stroberi menempati buah kedua teratas yang mengandung antioksidan, yang bisa membantu melawan kerusakan radikal bebas.

Para ilmuwan dari Warwick Medical School baru-baru ini menemukan ekstrak stroberi yang mengaktifkan protein yang disebut Nrf2, yang meningkatkan aktivitas antioksidan dan menghasilkan efek perlindungan lainnya di tubuh.

Prof. Thornalley dari Warwick Medical School menjelaskan: “Kami telah menemukan iptek di balik bagaimana stroberi bekerja untuk meningkatkan pertahanan alami kita untuk menjaga sel, organ, dan pembuluh darah tetap sehat, dan yang dapat mengurangi risiko pengembangan masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung dan diabetes.”

Stroberi adalah makanan yang sangat sehat bagi jantung karena mengandung sodium, lemak, dan bebas kolesterol. Aktivasi Nrf2 yang dipicu oleh komponen stroberi membantu mengurangi tiga faktor risiko penyakit jantung: tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan peningkatan kadar homosistein. Stroberi juga membantu menurunkan risiko diabetes tipe-2 dengan mengurangi dan mengatur kadar gula darah.

Seperti yang Anda lihat, stroberi dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi kesehatan, jadi mungkin Anda ingin memasukkan buah lezat ini ke dalam makanan harian. 


Sumber : Epoct Time

No comments

Powered by Blogger.