Mudik Lewat Jalur Ilegal, 93 TKI Diamankan TNI AL

sumber photo:merdeka
Sebanyak 93 tenaga kerja Indonesia (TKI) serta 3 balita diamankan petugas Lanal Tanjung Balai, Sumut. Mereka mudik ke Indonesia dengan cara ilegal. Para TKI ini melintasi perbatasan Indonesia-Malaysia dengan menumpang kapal nelayan, KM Rezeki.

 https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


"Kapal kita hentikan di perairan Sungai Silo, Asahan, Minggu (18/6) malam," kata Letkol (P) Bagus Badari Amarullah, Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Senin (19/6).

Berdasarkan pemeriksaan, para TKI ini berencana pulang ke kampung halamannya di Sumatera dan Jawa. Mereka rela menggunakan jalur ilegal demi berkumpul dengan sanak saudara pada Hari Raya Idul Fitri.

KM Rezeki yang mengangkut para TKI ini dihentikan patroli AL setelah petugas curiga melihat kapal nelayan itu. Setelah diperiksa, di dalamnya terdapat puluhan TKI yang diangkut dari Malaysia.

Petugas kemudian menggiring kapal ke Mako Lanal Tanjung Balai Asahan. Mereka melakukan pendataan dan memeriksa barang yang dibawa dari Malaysia.

Dari pendataan yang dilakukan, petugas mencatat terdapat 73 TKI pria dan 20 wanita serta 3 balita. "Tidak ditemukan barang terlarang," sebut Bagus.

‎Selanjutnya penumpang kapal yang melintas batas dengan cara ilegal ini akan diserahkan ke Imigrasi Tanjung Balai. "Nahkoda kapal akan diproses," ucap Bagus. 

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.