Payudara Besar Sebelah, Normal atau Tidak?


Ilustrasi

       Jangan keburu panik saat Anda merasakan ada perubahan pada payudara. Sebab, semua wanita mengalami kondisi tersebut karena siklus haid. 




Perubahan payudara tidak hanya terjadi saat hamil dan menyusui saja. Jauh sebelum itu, payudara akan mengalami perubahan yang tidak konsisten tergantung dari hormon. Dilansir dari The List, Berikut perubahan payudara yang terjadi menjelang dan selama haid.

1. Nyeri dan sensitif

Wanita menyadari saat mengalami kondisi ini. Menurut Healthline, rasa sakit atau nyeri di bagian tertentu pada payudara adalah normal karena perubahan hormonal di dalam tubuh.

2. Tampak lebih kecil

Apakah payudara tampak lebih kecil dari biasa? Jika ya, itu hal yang normal.

Perubahan bentuk payudara yang mengecil umumnya terjadi saat mendekati akhir siklus menstruasi.

Seorang ginekolog, Dr Sara Gottfried, MD, mengatakan alasan payudara semakin kecil terjadi karena kadar estrogen dan progesteron yang menurun sampai ke titik terendah. Itu menyebabkan payudara mengempis sedikit.

3. Bulat dan kencang

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Ultrasound Medicine, biasanya kondisi payudara yang terlihat kencang dan lebih terangkat dari biasanya terjadi saat Anda mendekati ovulasi.

4. Terasa padat

Menurut Healthline, beberapa jaringan payudara wanita terasa lebih padat saat disentuh saat hormon memuncak.

5. Tidak simetris

Ahli bedah payudara dan profesor bedah klinis, Dr. Amanda Wheeler, mengatakan kebanyakan wanita memiliki payudara yang lebih besar pada bagian kiri dibandingkan kanan. Ini normal.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Ethology and Sociobiology, saat tingkat estrogen menurun maka payudara bisa menjadi kurang simetris dan terlihat miring. Tapi, ini hanya bersifat sementara.

Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.