Pemerintah India Larang Ibu Hamil Makan Daging dan Telur



Pemerintah India mengeluarkan buku panduan bagi wanita hamil yang kontraversi karena antara lain wanita hamil diminta untuk tidak makan daging dan telur.

Dalam buku panduan ibu hamil yang dirilis Dewan Pusat Penelitian Yoga dan Naturopati disebutkan agar wanita hamil  menghindar dari pikiran tidak murni tentang seks dan menghindari makan daging dan telur.

Dewan Pusat Penelitian Yoga dan Naturopati merupakan bagian dari pelayanan pemerintah yang mempromosikan pengobatan tradisional dan alternatif,

"Wanita hamil harus melepaskan diri dari keinginan, kemarahan, keterikatan, kebencian dan nafsu,"bunyi  buku panduan yang dirilis minggu lalu oleh Dewan Pusat Penelitian Yoga dan Naturopati.

Buku panduan ini juga menyarankan wanita hamil untuk melihat gambar bayi cantik untuk memberi manfaat pada janin.
Menanggapi buku panduan berjudul Mother and Child Care tersebut, dokter ahli kandungan memperingatkan bahwa rekomendasi tersebut tidak ilmiah dan irasional sehingga dapat membahayakan wanita hamil.

"Pemerintah membagikan saran tidak ilmiah dan tidak rasional, dengan memastikan bahwa ibu hamil tidak bisa makan makanan berkhasiat protein tinggi," kata ginekolog Arun Gadre, yang berbasis di Pune, India barat.
India merupakan salah satu negara dengan tingkat kematian maternal tertinggi di dunia, dimana 174 dari setiap 100.000 kehamilan mengakibatkan kematian ibu pada tahun 2015.

Banyak dari kematian ibu hamil di India disebabkan oleh kekurangan gizi dan kekurangan zat besi, kondisi yang dapat ditingkatkan melalui makan makanan kaya protein termasuk daging dan susu.
sumber : kompas

No comments

Powered by Blogger.