Penyebab Munculnya Warna Gelap Keunguan Saat Memar


ilustrasi
Kita jarang menyadari adanya memar setelah mengalami sebuah "kecelakaan". Kita baru tersadar bahwa telah terjadi perubahan warna kulit dari gelap menjadi keunguan setelah merasakan nyeri teramat perih.



Direktur Regional Medis dari MedExpress, Dena Nader MD, menjelaskan, luka memar menandakan ada darah yang keluar dari pembuluh darah kecil di bawah kulit. Sedangkan perubahan warna kulit menjadi ungu terjadi karena benturan yang kita alami lumayan keras.

Dena, menyarankan, agar kita mengompres area memar dengan air dingin atau es batu guna mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sensasi dingin dari es batu akan memperlambat aliran darah di bawah kulit, yang akan menghilangkan warna keunguan itu.

Kompres dapat dilakukan berkali-kali dalam sehari selama 10 sampai 20 menit.

Seperti dikutip dari Reader's Digest, Rabu (7/6/2017), umumnya memar bisa bertahan selama 5 sampai 7 hari. Tergantung seberapa berat benturan yang kita alami.

Menurut Dena, apabila rasa nyeri dan warna memar tidak juga hilang, segera temui dokter. Apalagi jika memar yang muncul karena kita sendiri tak tahu karena apa. Ditakutkan itu pertanda dari gejala yang lebih serius.

Sedangkan memar di bagian kepala harus selalu dalam pantauan dokter karena takut itu tanda gegar otak. 


Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.