Punya Gen Turunan Kanker Payudara? Ini Cara Agar Tetap Sehat

ilustrasi
Jika kamu punya riwayat keluarga pengidap kanker, entah nenek yang meninggal karena kanker, tante yang punya kanker payudara atau malah keluarga dekat seperti ibu yang mengalami kanker payudara, kamu pun harus hati-hati ladies.



Sebagai wanita, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu juga akan mengalaminya. Tapi bukan berarti penyakit ini tak bisa dicegah sejak dini. Kamu justru harus lebih perhatian dengan kesehatanmu, karena gen keturunan saja bukan satu-satunya faktor penyebab serangan kanker payudara, justru gaya hiduplah yang jadi pemicu besarnya.

Secara perhitungan gen, jika generasi di yang berhubungan darah langsung denganmu yang mengalami kanker, seperti ibu, kakak atau anak perempuanmu mengidap kanker payudara, maka risiko kamu mengalaminya jadi dua kali lipat, menurut American Cancer Society. Jadi, ini yang perlu kamu lakukan.

1. Jaga berat badan ideal
Menurut American Cancer Society, berat badan berlebihan bisa memperbesar risiko serangan kanker payudara. Dibanding wanita dengan berat badan ideal, wanita kegemukan berisiko 17% lebih tinggi, dan wanita obesitas punya 58% lebih tinggi mengalami kanker. Jadi, jika gemuk, lakukan diet sekarang juga. Makan makanan sehat dan diet seimbang dan teratur.

2. Hentikan konsumsi alkohol
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Alcoholism Clinical & Experimental Research, hampir 9% kasus kanker payudara dipicu konsumsi alkohol. Menurut National Cancer Institute, setiap 10 gram-nya menyumbang 7% risiko kanker.

3. Lakukan cek screening rutin
Untuk memastikan apakah kamu tidak mengidap kanker payudara, pastikan dengan memeriksakan diri secara rutin dan konsultasi ke dokter.

Itu dia yang bisa kamu lakukan untuk menjaga diri. Jangan lupa olahraga rutin dan menjaga gaya hidup sehat ya ladies.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.