Sakit Kepala di Sebelah Kanan, Pertanda Kolesterol Naik?

ilustrasi

Anda mungkin sering mendengar orang menjadi sakit kepala setelah makan gulai kambing. Dalam kesempatan tertentu, seperti pesta, Anda bisa saja berlebihan makan gulai kambing karena kelezatannya.



Rasa sakit kepala yang timbul setelah menyantap gula kambing kemudian dikaitkan dengan kolesterol. Orang yang bersangkutan biasa berkata, "Mungkin ini karena kolesterolnya naik." Apakah benar sakit kepala menjadi pertanda kolesterol naik?

Ditemui dalam acara "Menjaga Kadar Kolesterol Saat Hari Raya" di Sate Khas Senayan, Jakarta, Kamis (15/6/2017), dr Franciscus Ari, Sp.PD dari Rumah Sakit Pondok Indah menanggapi hal tersebut.

"Kalau sakit kepala, apalagi sakit kepala di sebelah kanan, itu tidak berhubungan langsung dengan kolesterol yang naik. Itu mungkin karena orang lebih banyak menggunakan aktivitas fisiknya menggunakan tangan kanan. Sakit kepalanya mungkin karena otot-otot menegang," kata dr Ari.

Yang perlu diperhatikan, masalah kolesterol pada umumnya tidak bergejala.

Jikapun ada gejala yang dirasakan biasanya berupa nyeri perut atau gejala penyakit jantung. Misal, nyeri pada jantung di bagian tengah. 

Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.