Tangis haru wanita korban budak seks ISIS kembali ke desanya



Tangis haru wanita korban budak seks ISIS kembali ke desanya. Nadia Murad bersama 7.000 wanita dan anak perempuan diculik dan ditahan ISIS di Mosul pada Agustus 2014. Di sana, Nadia berkali-kali disiksa dan diperkosa oleh militan ISIS. Tiga bulan setelah diculik, Nadia berhasil melarikan diri dan pergi ke Jerman.



Seorang pegiat Yazidi dan bekas budak seks ISIS, Nadia Murad (tengah) memeluk saudaranya, Saeed saat tiba di kampung halamannya di Kojo, Irak, Kamis (1/6). Ini merupakan kali pertama Nadia kembali ke desanya setelah diculik dan dijadikan budak seks oleh ISIS pada Agustus 2014 lalu. Ketika itu, Nadia diculik bersama 7.000 wanita dan anak perempuan Yazidi lainnya.



Tiga bulan setelah diculik, Nadia berhasil melarikan diri dari ISIS. Dia kabur ke sebuah kamp pengungsi dan kemudian pergi ke Jerman. 


Kisah Nadia menjadi sorotan dunia. Dia menyerukan dukungan bagi minoritas Yazidi di Dewan Keamanan PBB pada 2015. Kini, Nadia terpilih menjadi Duta Besar Goodwill PBB.



Wajah muram Nadia saat kembali ke kampung halamannya di Kojo, Irak, Kamis (1/6).

Kepada warga di desanya, Nadia berjanji akan meminta bantuan internasional untuk membebaskan kaum wanita Yazidi yang masih ditahan IsIS.
sumber: merdeka

No comments

Powered by Blogger.