Tenangkan Pikiran untuk Penurunan Berat Badan yang Lebih Efektif



Meditasi dan menenangkan diri ditemukan sangat efektif untuk menurunkan berat badan ketimbang makanan sehat dan olahraga.

Kesimpulan tersebut diperoleh dari studi yang dilakukan oleh North Carolina State University.

Studi membagi responden menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama, responden mengonsumsi makanan dengan menu diet yang mereka rancang sendiri. Kelompok kedua, menerapkan meditasi dengan diet seimbang.

Hasilnya, kelompok yang bermeditasi kehilangan 1,9 kilogram, sedangkan kelompok pertama hanya kehilangan 0,3 kilogram.

Para periset merasa terkejut mengenai dampak meditasi pada proses penurunan berat badan. Mereka menganggap hasil temuan ini bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi obesitas.

Obesitas meningkatkan penyakit kronis seperti darah tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular.

Meditasi bisa menjadi salah satu strategi manajemen berat badan yang menekankan kombinasi diet, aktivitas fisik, pengurangan asupan energi, dan peningkatan pengeluaran energi untuk mencegah penambahan berat badan.

Tujuan dari studi ini adalah untuk mempelajari efektivitas program makan sehat, banyak bergerak, diet, dan meningkatkan kesadaran pola makan yang benar.

Kemudian, untuk membenarkan teori bahwa meditasi bisa membantu penurunan berat badan, maka para peneliti meminta responden untuk mengikuti kelas virtual dari ponsel pintar dan komputer.

Para responden di minta untuk memberikan perhatian lebih pada detail sinyal-sinyal tubuh saat lapar.

Peneliti meminta responden untuk mengonsumsi makanan dengan cara dinikmati dengan pikiran tenang, bagaimana rasa makanan, warna, dan rasa terakhir makanan tersebut.

Penelitian berlangsung selama 15 minggu. Lebih kurang 28 partisipan yang menerapkan ESMML lebih banyak kehilangan berat badan, ketimbang partisipan yang tidak.

Responden yang menyelesaikan program ESMMWL penurunan berat badannya lebih besar ketimbang yang tidak.

“Hasil studi memperlihatkan bahwa ada hubungan benefit antara makan dengan kesadaran dan ketenangan pikiran terhadap penurunan berat badan,” jelas penulis studi.


sumber: kompas

No comments

Powered by Blogger.