TKI Nelayan Di Taiwan Cuma Visa Turis


Ilustrasi


     Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menemukan masih banyak TKI Pelaut Perikanan atau TKI nelayan di Taiwan yang dipekerjakan kapal pencari ikan di luar wilayah teritorial Taiwan hanya mengandalkan visa turis.



Informasi itu didapatkan Kepala BNP2TKI Nusron Wahid saat bertemu dengan komunitas Tenaga Kerja Indonesia di Pelabuhan Donggang, Distrik Pingtung, Taiwan bagian Selatan.

Nusron Wahid, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, mengatakan, TKI Pelaut Perikanan yang melaut sampai ke luar wilayah tersebut biasanya direkrut oleh agensi yang tak hanya berkantor di Taiwan.

Menurut Nusron banyak agensi yang berdomisili di Hong Kong, Jepang, Singapura, dan di sejumlah negara lainnya. Sementara kapal tempat mereka bekerja berbendera Taiwan.

"TKI ini masuk dengan visa turis akhirnya tak terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja Taiwan. Akibatnya, jika terjadi perselisihan akan sangat sulit penanganannya," tuturnya.

Persoalan lainnya, kata dia, keterampilan melaut yang terbatas karena mereka tak diikutkan pelatihan-pelatihan untuk menambah keahlian dan memperbaiki kualitas. "Tak ada yang ikut 'Basic Safety Training'. Ini hanya akan menimbulkan masalah," kata Nusron.


Sumber : Kr jogja

No comments

Powered by Blogger.