4 Penyebab Tumit Kaki Tidak Pernah Mulus


Untuk sebagian orang yang sangat menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, masalah tumit kaki pecah-pecah tentu menjengkelkan. Meski sudah berusaha untuk mengatasi masalah pada kaki ini, tapi akan percuma jika Anda masih melakukan kebiasaan berikut ini.



1. Aktivitas yang menyebabkan keringat berlebih

Olahraga berat atau melakukan segala aktivitas yang menyebabkan tubuh, termasuk kaki berkeringat menjadi penyebab utama tumit kaki pecah-pecah. Menurut dokter kedokteran podiatri, Rebecca Pruthi, kaki yang berkeringat menyebabkan kelembaban dan kulit mudah mengelupas.

"Anda harus menggunakan alas kaki yang tepat dan nyaman. Jangan biarkan juga kaki menginjak area yang lembab, basah juga terlalu panas," katanya.

2. Pakai high heels

"Apa pun yang menyebabkan gesekan dapat membuat kulit mengelupas," kata Pruthi.

Hindari memakai high heels terlalu lama dan jika Anda tetap ingin mengenakannya, pilih alas kaki yang nyaman dan empuk.

3. Bertelanjang kaki di area panas

Tidak memakai sepatu atau sandal di lantai atau aspal yang panas karena matahari dapat melukakan kaki. Hindari bertelanjang kaki kemana pun Anda pergi.

4. Kurang minum

Pruthi mengatakan kurang minum air putih bukan saja membuat tubuh dehidrasi, tetapi juga seluruh kulit termasuk area kaki. "Dehidrasi akan membuat Anda mudah mengalami tumit kaki pecah-pecah dan kulit mudah mengelupas," katanya dikutip dari Women's Health, Sabtu (29/7/2017).

Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.