Husni Ahmad Assegaf Penyalur TKI Ilegal Ditangkap



Direktur PT Nurafi Ilman Jaya (NIJ) Husni Ahmad Assegaf (47) ditangkap Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri atas dugaan terlibat pengiriman tenaga kerja Indonesia ilegal ke Timur Tengah.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

“Semalam telah ditangkap Direktur PT NIJ. Penangkapan ini merupakan hasil pengembangan kasus sebelumnya," kata Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Ferdi Sambo di Jakarta, Jumat (28/7).

Disebutkan, Husni ditangkap di rumahnya yang berlokasi di Pondok Gede, Jatiwaringin, Bekasi. Sementara kantor PT NIJ berlokasi di Jalan Ikan Hias Nomor 45 Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur. Perusahaan ini diketahui telah mengirimkan sedikitnya 100 orang TKI ke Timur Tengah.

Menurut Ferdi, PT NIJ memiliki kuota visa TKI sejak 2016, namun perizinannya sudah dicabut. "Tapi, karena kuota visa masih tersedia sehingga Husni sebagai Direktur PT NIJ memberikan rekomendasi kepada tersangka Abdul Rahman untuk mengurusi visa ke Kedutaan Abu Dhabi," jelasnya.

Selain Husni, sebelumnya penangkap menangkap empat tersangka lainnya. Keempat tersangka adalah penanggung jawab PT NIJ, Fadel Assagaf (39 tahun), admin PT NIJ Muliati (37 tahun), pegawai PT NIJ Hera Sulfawati, dan pengurus visa di Kedutaan Abu Dhabi Abdul Rahman (59 tahun).

Dari hasil investigasi diketahui, biaya yang diterima Abdul Rahman dari Fadel untuk proses pengurusan visa adalah Rp 2,2 juta per calon TKI. Uang inidigunakan untuk membayar staf kedutaan, sementara keuntungan yang didapatkan Abdul Rahman sekitar Rp 600 ribu hingga Rp 500 ribu.

“Dari keuntungan tersebut dibagi dua untuk dibayarkan kepada Husni," ujar Ferdi.

Atas perbuatan para tersangka, mereka dikenai pelanggaran Pasal 102 ayat (1) UU RI Nomor 39 tahun 2004 tentang PPTKILN dan Pasal 10 UU RI Nomor 21 tahun 2007 tentang TPPO.


sumber : tagarnews


No comments

Powered by Blogger.