TKW yang Disiram Cairan Kimia Itu Berangkat Merantau Diam-Diam

sumber photo:jawapos
Suci Sri Kusmiyati, 26, TKW yang disiram cairan kimia di Malaysia ternyata berangkat ke Malaysia tanpa sepengetahuan orang tuanya. Ia berangkat ke negeri Jiran pada April 2016 lalu, tanpa mengabari kerabatnya. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Hal itu diungkapkan oleh Nasika, 40, ibu Suci. Menurutnya, pihak keluarga sebenarnya sudah berupaya mencari, saat Suci tak kunjung pulang. Namun, Nasika memperkirakan, saat itu Suci sedang menyelesaikan permasalahan rumah tangganya dengan suaminya.

Rumah tangga Suci memang tengah di ujung tanduk. Dia sudah pisah ranjang dengan suaminya yang berasal dari Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Bahkan, sebelum berangkat ke Malaysia, Suci juga sudah mengajukan gugatan cerai.

Semenjak itu, Suci bersama Nadia anaknya, kembali ke rumah orang tuanya di Kedawung. Sudah berkali-kali, kata Nasika, Suci punya niatan mencari kerja. Hingga, Agustus tahun silam, Suci menghubungi Wagito, adiknya.

“Dia (Suci) telpon adiknya karena takut sama kami. Saat itu, dia bercerita sudah ada di Selangor, Malaysia dan bekerja di sebuah perusahaan tekstil. Semenjak itulah, komunikasi baru lancar,” cerita Nasika.

Awal di Malaysia, Suci masih aktif berkomunikasi dengan keluarganya. “Setiap dua hari sekali atau paling lama sepekan, Suci menelpon. Menanyakan kabar Nadia (anaknya). Kadang telepon ke saya atau ke Wagito,” kata Nasika.

Keluarga perlahan juga yakin bahwa keberangkatan Suci, setidaknya bisa membantu perekonomian. Meski saat itu Suci baru sekali mengirimkan uang ke Indonesia, keluarga masih memahami. “Mungkin saja di sana dia masih butuh biaya untuk adaptasi. Apalagi, di sana kan tidak ada kenalan,” beber Nasika.

Sumber:jawapos

No comments

Powered by Blogger.