VIDEO: Atasi TKI, Dinas P3A Bentuk BKTKI di 6 Kelurahan

sumber photo:tribunnews

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Kupang bekerjasama dengan Deputi Perlindungan Hak Perempuan dan Ketenagakerjaan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI membentuk kelompok Bina Keluarga Tenaga Kerja Indonesia (BKTKI) di Kota Kupang.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


BKTKI akan dibentuk di enam kelurahan yaitu Kelurahan Fatululi, Namosain, Naimata, Nefonaek, Lasiana, dan Batuplat yang akan melibatkan warga setempat. Enam kelurahan tersebut akan menjadi pilot project.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kupang, dr.Joyce Kansil, di sela-sela acara Peluncuran Pembentukan BITKI di Ruby Room On the Rock Hotel, Selasa (18/7/2017), mengatakan pihaknya juga berkoordinasi dengan Nakertrans untuk mendapatkan data pasti jumlah TKI asal Kota Kupang yang menjadi TKIdi Luar negeri.

"Kami menempatkan kelompok-kelompok di setiap kelurahan, karena mereka yang memiliki data di Kelurahan serta sangat dekat dengan para TKI. BITKI ini, anggotanya berasal dari masyarakat setempat karena merekalah yang lebih tahu tentang idenditas TKI, untuk mencegah pemalsuan idenditas seperti anak masih dibawah umur dan lain sebagainya," tuturnya.

Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dan Ketenagakerjaan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Dr Ir Lis Rosdianti, M.Si, mengatakan lapangan pekerjaan di Indonesia yang masih kurang mengakibatkan banyak masyarakat yang memilih untuk menjadi tenaga kerja di luar negeri.

Selain itu, NTT menjadi kantong terbesar menyumbang TKI terbanyak. Selama ini pemerintah hanya melihat TKI dari segi ekonomi saja, padahal masih banyak persoalan yang terjadi karena TKI ini.


Sumber:tribunnews

No comments

Powered by Blogger.