18 Orang Taiwan Tersangka Penipuan, Di Deportasi Ke China Dari Indonesia




Jumlah tersangka penipuan Taiwan yang dideportasi ke China dari Indonesia telah dikonfirmasi  ada  18 tersangka,  bukan  22  tersangka seperti yang dilaporkan pada awal pemberitaan, kata Kementerian Luar Negeri Kamis malam.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kementerian tersebut mengutip informasi yang diberikan oleh kantor perwakilan Taiwan di Indonesia, dengan mengatakan bahwa 18 orang Taiwan merupakan bagian dari 143 tersangka penipuan telekomunikasi yang dideportasi ke China dari negara Asia Tenggara, di mana mereka baru saja ditangkap secara ekstensif tindakan keras.

Kantor perwakilan Taiwan di Indonesia memprotes keputusan pihak berwenang Indonesia untuk mendeportasi orang Taiwan ke China, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor tersebut.

"Empat tersangka lain di Taiwan masih berada di Indonesia (dalam penyelidikan)," kata juru bicara kementerian Eleanor Wang (王珮玲).

Sebelumnya pada hari Kamis, kementerian tersebut mengeluarkan sebuah pernyataan, yang mengungkapkan "perhatian serius" dan "penyesalan mendalam" atas deportasi 22 orang Taiwan ke China.

Meskipun Taipei meminta agar dikirim ke Taiwan untuk menghadapi keadilan, Indonesia masih mendeportasi mereka ke China, dengan mengatakan bahwa Beijing telah memberikan informasi yang membantu memecahkan kasus tersebut, menurut kementerian tersebut.

Pada hari Kamis, 143 tersangka penipuan mengenakan dua penerbangan China Southern Airlines ke Chengdu dan Tianjin, kata kementerian tersebut.

Mereka termasuk di antara tersangka yang ditangkap saat melakukan razia di empat lokasi di Jakarta, Surabaya, Bali dan Batam pada 29 Juli karena diduga terlibat dalam penipuan telekomunikasi, tambahnya.

Ada beberapa kasus dalam beberapa tahun terakhir dimana orang-orang Taiwan ditangkap di luar negeri karena tuduhan terlibat dalam penipuan telekomunikasi telah dideportasi ke China, dengan Beijing dan berargumen bahwa korbannya adalah warga negara China, bahwa  mereka menyediakan informasi yang dapat membantu  untuk memecahkan kasus tersebut.

Sebelum di deportasi pada hari Kamis, contoh terakhir adalah tiga warga negara Taiwan yang ditangkap oleh pemerintah Kamboja pada bulan Juli karena tuduhan terlibat dalam penipuan telekomunikasi dan dideportasi ke China pada tanggal 29 Juli.


sumber : focustaiwan

No comments

Powered by Blogger.