4 TKW Kaburan Tertangkap Saat Hendak Mencari Kerja di Pegunungan Taitung


Kepolisian Dawu Taitung tanggal 29 Agustus malam saat sedang mengadakan pemeriksaan identitas menghentikan sebuah taksi yang membawa 4 penumpang, polisi kemudian meminta para penumpang menunjukkan dokumen identitas, namun para penumpang mengaku bahwa mereka adalah penduduk asli Taiwan (Yuanzhumin) dari suku Paiwan, karena penampilan mereka mirip suku Paiwan, seorang polisi yang berasal dari suku Paiwan mempergunakan bahasa daerah untuk menyapa mereka, namun keempat penumpang tersebut tidak mengerti sama sekali, selain itu juga tidak bisa menunjukkan identitas mereka, penyamaran mereka terbongkar.


Polisi memeriksa ternyata 4 orang tersebut adalah TKA asal Indonesia, ARC mereka sudah kadaluarsa, mereka semuanya kaburan, karena mendengar ada kesempatan kerja di pegunungan Taitung, mereka kemudian naik taksi menuju pegunungan. Setelah dimintai keterangan kasus tersebut diserahkan kepada imigrasi Taitung.


Wajah mereka memang seperti suku Paiwan, namun logat mereka sama sekali berbeda! Seorang polisi dari suku Paiwan mengatakan saat salah seorang dari mereka mengatakan bahwa mereka adalah Yuanzhumin, sekali dengar sudah kelihatan tidak sama, kemudian saat disapa mempergunakan bahasa daerah, "Kalian mau kemana? Apakah kalian suku Paiwan? keempatnya saling berpandangan, sambil tersenyum kecut tak bisa menjawab, maka ketahuan kalau mereka adalah TKA.

Wang Yongji kepala kepolisian Dawu mengatakan bahwa apabila majikan hendak mempekerjakan TKA maka harus mengajukan permohonan terlebih dahulu, untuk menghindari mempekerjakan TKA ilegal, apabila mempekerjakan TKA ilegal maka akan menghadapi denda 150.000 NT - 750.000 NT

Sumber : UDN News

No comments

Powered by Blogger.