6 Alasan kenapa para manula sering sulit tidur


Ilustrasi

       Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia mengalami banyak perubahan. Tulang jadi rapuh, kulit kendor, dan ingatan perlahan berkurang. Selain itu, salah satu efek dari penuaan juga sulitnya para manula untuk tidur, terutama ketika usia mereka berada di atas 60 tahun.



Kira-kira apa yang jadi sebab para manula sulit untuk memejamkan mata di malam hari? Dilansir dari thehealthsite.com, ini penjelasannya.

Perubahan pola tidur
Seiring bertambahnya usia, kamu jadi lebih mudah terbangun karena suasa bising lingkungan yang bisa mengganggu tidur. Jam tubuh juga melambat yang membuat rasa kantuk datangnya juga terlambat.

Rasa sakit kronis
Akan ada banyak masalah kesehatan yang muncul seiring bertambahnya usia. Beberapa menimbulkan rasa sakit yang menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu keinginan untuk tidur.

Kurangnya aktivitas fisik
Penuaan membuat manusia jadi kurang aktif secara fisik. Padahal dengan bergerak, kamu akan jadi lelah dan rasa kantuk datang. Nah, saat kamu kurang gerak, energi masih tersimpan, dan akhirnya kamu tak merasakan kantuk di malam hari.

Kandung kemih yang melemah
Penuaan membuat kandung kemih dan prostat jadi lemah. Hal ini berarti kamu akan sering kencing. Bolak balik bangun dan tidur ini juga bisa mengganggu tidurmu.

Konsumsi obat
Saat usia bertambah dan penyakit berdatangan, konsumsi obat pun bertambah. Salah satu efek dari konsumsi obat ini bisa menyebabkan insomnia.

Kaki yang sering bergerak
Tanpa disadari, para manula sering menggerak-gerakan kakinya. Tentu saja kebiasaan ini akan menimbulkan goncangan yang membuat mereka sulit untuk tidur.

Kualitas tidur yang baik tetap diperlukan manula demi mendukung kesehatan. Oleh karena itu lakukan beberapa tips kesehatan yang tetap bermanfaat untuk menjaga kualitas tidur.


Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.