Adanya Hormon Ini Di Tubuh Bikin Kamu Selalu Lapar

ilustrasi
Kamu baru saja mengunyah sepiring nasi goreng 2 jam yang lalu. Kemudian disusul dengan beberapa buah gorengan 1 jam yang lalu. Dan saat ini kamu masih merasa lapar dan membuatmu tak bisa menahan godaan kue manis yang tersaji di depanmu.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Well, kamu sering mengalami hal tersebut? Jika ya, maka salahkan dengan cara kerja hormon leptin yang ada di dalam tubuhmu.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com leptin dikenal sebagai hormon yang mengatur nafsu makan dalam tubuh. Saat kamu makan, sel lemak akan melepaskan lemak ke dalam aliran darah yang kemudian bergerak ke otak dan memberi sinyal kenyang.

Nah, saat kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gluten, gula, maupun lemak, akan terjadi resistensi leptin di dalam tubuh yang membuatmu sulit untuk merasa kenyang. Kamu jadi selalu merasa ingin makan terus. Akibatnya akan timbul gangguan seperti obesitas, diabetes tipe 2, masalah tiroid, atau kenaikan kadar trigliserida dalam darah.

Lalu, bagaimana cara menormalkan kerja leptin di dalam tubuh? Well, tidak ada pengobatan khusus untuk hal ini. Namun kamu bisa meredakannya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berolahraga dengan intensitas yang tinggi akan membuat sensitivitas leptin kembali normal. Begitu pula jika kamu mengonsumsi makanan yang kaya serat atau protein sehat. 

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.