Awas, Ternyata Ini Bahaya Minum Air dengan Botol Plastik


Ilustrasi


      Ketika bepergian, botol minum bisa menjadi penyelamat. Botol minum sering membantu seseorang ketika merasa haus dan pastinya terhindar dari dehidrasi.




Botol ini biasa dijumpai dalam beraneka bentuk dan bahan. Ada yang terbuat dari perak, plastik, kaca dan melanin.

Tak sedikit yang menganggap bahwa ada bahaya ketika meminum air dari botol plastik. Ada anggapan jika botol plastik yang berisi air harus dihabiskan dalam sehari.

Alasannya, bisa menyebabkan racun bagi tubuh.Di kasus lain, kamu mungkin sering meninggalkan botol minum di dalam mobil.

Ini berbahaya karena bila cuaca cerah maka suhu di dalam mobil bisa meningkat hingga 370C.

Sehingga botol plastik hangat tersebut bisa meracuni air minum yang kamu bawa. Penelitian dari Unversitas Florida di USA menyatakan bahwa botol yang dijual di pasaran memang tidak didesain untuk tahan panas.

Dengan melakukan eksperimen, didapat bahwa zat antimon dan bisphenol A dalam botol bisa menjadi racun dengan cara tercampur ke dalam air.

Menurut WHO, antimon adalah zat kimia yang berisiko sebagai karsinogen. Karsinogen adalah zat berbahaya bagi tubuh yang bisa sebabkan kanker.

Lena Ma, profesor kepala penelitian di University of Florida mengatakan jika sesekali minum dari botol hangat tidak masalah.

Bahayanya, jika kamu keseringan karena bisa terkontaminasi oleh jumlah animon yang banyak.

Jadi, perhatikan label SNI dan BPOM kalau mau sehat ya, dan ingat untuk meletakkan botol di tempat yang sejuk, jauh dari paparan sinar matahari.

Sumber : Grid

No comments

Powered by Blogger.