Bahaya! Ini Alasan Tubuh Tiba-tiba Memar

ilustrasi

Tanpa disadari, tiba-tiba saja muncul memar di tubuh dan tidak terasa sakit saat disentuh. Kondisi ini bisa dialami siapa saja. Namun, memar yang muncul secara tiba-tiba pada tubuh merupakan salah satu tanda ada sesuatu yang terjadi pada tubuh.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Dilansir Toptenz,  ada beberapa penyebab yang membuat tubuh tiba-tiba menjadi memar, apa saja?

1. Penyakit
Sejumlah penyakit bisa menyebabkan munculnya memar secara tiba-tiba di tubuh, seperti diabetes. Kondisi ini menjadi gejala awal karena pembuluh darah yang melemah dan menyebabkan perdarahan kapiler internal. Memar juga bisa dipicu kelainan darah atau hermofilia.

Memar juga menjadi penanda dari purpura dermatosis atau terjadi kesalahan pada kondisi kulit dan mengakibatkan darah keluar dari kapiler. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa gatal.

2. Faktor fisik
Saat mencapai usia 60 tahun atau lebih, produksi kolagen dan lapisan lemak yang melindungi kulit akan menurun. Kondisi ini menyebabkan Anda lebih mudah memar. Memar yang disebabkan faktor fisik juga bisa dipicu oleh terlalu beratnya aktivitas olahraga yang dilakukan sehingga pembuluh darah pecah karena otot terlalu tegang.

3. Konsumsi obat
Obat yang bisa memicu munculnya memar antara lain aspirin, kontrasepsi, dan steroid. Kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan memar akibat pembuluh darah kecil pecah. Cara ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi suplemen. 

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.