Bikin Nasi Makin Sehat, Tambahkan Minyak Kelapa Saat Memasaknya



Rasanya kurang puas ketika perut lapar tapi belum makan nasi. Ya, bagi orang Indonesia nasi adalah makanan pokok yang wajib dikonsumsi setiap hari. Meski begitu, konsumsi nasi tidak boleh berlebihan ya Ladies. Nutrisi serta vitamin pada nasi memang sangat sehat dan dibutuhkan tubuh. Hanya saja, konsumsi nasi berlebihan bisa berakibat fatal buat kesehatan.

 https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dikutip dari laman boldsky.com, nasi adalah makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan kalori di dalamnya. Jika asupannya tidak dibatasi, dikhawatirkan karbohidrat dan kalori yang masuk ke tubuh pun akan berlebih. Alhasil, ini bisa meningkatkan berbagai risiko kesehatan seperti risiko obesitas, diabetes hingga jantung.

Agar nasi senantiasa sehat, sangat penting untuk memasak nasi dengan cara yang tepat. Salah satu cara tepat tersebut adalah dengan mencuci beras yang hendak dimasak hingga benar-benar bersih. Cara berikutnya adalah menambahkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam air yang digunakan untuk memasak nasi. Kenapa minyak kelapa?

Para peneliti menemukan jika nutrisi pada minyak kelapa bisa mengikat senyawa tidak sehat dalam nasi. Kandungan nutrisi pada minyak kelapa ini juga dipercaya bisa membuat nasi jadi lebih sehat serta enak. Tekstur nasi pun bisa semakin lembut juga lebih mengenyangkan. Yang lebih menarik lagi, lemak sehat pada minyak kelapa bisa menurunkan kandungan glukosa pada nasi dan menjadi gula darah dalam tubuh akan senantiasa sehat.

Adapun cara menambahkan minyak kelapa ini sangat mudah. Tambahkan setengah sendok makan minyak kelapa untuk setiap satu gelas beras yang dimasak. Usahakan agar sering mengaduk nasi hingga minyak kelapa tercampur dengan baik. Setelah nasi matang, simpan nasi di lemari pendingin kira-kira selama 10 hingga 12 jam. Setelahnya, kita bisa mengonsumsi nasi ini.

Menambahkan minyak kelapa tak hanya berlaku pada nasi putih saja. Ini juga berlaku pada nasi hitam dan nasi merah. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa selalu hidup sehat dengan konsumsi beragam makanan sehat.

sumber : vemale

No comments

Powered by Blogger.