Cerahkan Kulit secara Alami dengan Kulit Jeruk


Rasa asam manis yang ditawarkan buah jeruk membuatnya digemari. Belum lagi, ada berbagai manfaat yang tersimpan di dalam daging buahnya. Namun ternyata, tidak hanya dagingnya saja yang bermanfaat, kulit jeruk juga berguna.



Kulit jeruk penuh dengan senyawa bergizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kulit jeruk mengandung lebih dari 60 jenis flavonoid dan lebih dari 170 jenis fitonutrien, selain kaya akan berbagai macam pektin, vitamin, mineral dan serat.

Inilah manfaat kulit jeruk yang bisa membuat Anda berpikir dua kali sebelum membuangnya, seperti dilansir dari laman, The Health Site, Selasa (1/8/17).

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu alasan utama mengapa orang tidak menyukai kulit jeruk adalah karena rasanya yang pahit. Namun kulit jeruk ternyata dapat membantu menurunkan berat badan, karena mengandung serat dalam jumlah banyak dan rendah kalori.

Tambahkan ke makanan Anda dan membantu menurunkan asupan kalori secara keseluruhan, sehingga membantu penurunan berat badan. Kulit jeruk juga memberi efek anti-obesitas dengan menekan penambahan berat badan oleh tubuh dan pembentukan jaringan adiposa.

2. Meredakan masalah pernapasan

Kulit jeruk segar memberikan dukungan yang sangat baik terhadap gangguan pernapasan dan terbukti efektif untuk mengobati asma. Kulit jeruk memberikan aktivitas pembersihan paru-paru, dengan memainkan peran penting untuk mengusir dahak.

Kulit jeruk mengandung histamin tingkat tinggi dalam membantu mengurangi senyawa berbahaya. Di dalamnya juga ada antioksidan yang membantu meredakan berbagai komplikasi pernafasan seperti bronkitis, flu, dan kanker paru-paru.

3. Pemutih kulit alami

Vitamin C pada kulit jeruk berfungsi sebagai scrub pemutih alami yang efektif dan aman untuk kulit. Ekstrak kulit jeruk bila dioleskan dengan susu dapat memudarkan noda dan bintik hitam pada kulit.

Kulit jeruk juga membantu kulit terlindungi dari sinar matahari yang berbahaya dan membersihkan pori-pori secara alami.

4. Melindungi dari kanker

Beberapa penelitian menunjukkan, peningkatan konsumsi kulit jeruk dalam makanan menurunkan risiko kanker, yaitu kanker kulit, payudara dan usus besar.

Kulit jeruk menawarkan perlindungan terhadap kanker usus besar dengan mengikat bahan kimia beracun dalam makanan, sehingga menghambat paparan selaput lendir usus.

5. Meningkatkan kesehatan mulut

Kunyah kulit jeruk untuk menghilangkan bau secara alami. Kulit jeruk juga merupakan pilihan yang efektif dan murah untuk memutihkan gigi bernoda dan mencegah gigi sensitif.

Anda bisa menggosokkan bagian dalam kulit jeruk atau mengoleskan pasta kulit jeruk pada gigi untuk hasil alami.

Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.