Insiden Bendera Terbalik, Malaysia Buka 'Aib' Sendiri

Aksi suporter Malaysia salah membentangkan bendera pada Piala AFF 2010


      Insiden pencantuman terbalik gambar bendera Indonesia pada SEA Games 2017 kian menuai sorotan. Publik Tanah Air seolah merasa sangat geram dengan kejadian melecehkan tersebut.



Malaysia selaku tuan rumah SEA Games 2017, seperti tengah meninggalkan luka bagi Indonesia selaku peserta di ajang dua tahunan ini. Sejumlah reaksi pun bermunculan akibat insiden tersebut.

Namun, rupanya kejadian salah membentangkan posisi bendera bukan yang pertama kali terjadi di Negeri Jiran itu. Publik Indonesia tentunya masih sangat mengingat dengan kejadian serupa pada tahun 2010 silam.

Dan yang paling memalukan bagi Malaysia, hal ini dilakukan sendiri oleh para suporter mereka sendiri yang membentangkan bendera negaranya secara terbalik.

Momen itu tepatnya terjadi pada duel leg pertama final Piala AFF 2010 antara tuan rumah tim nasional Malaysia kontra Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.


Dalam laga yang berlangsung pada 26 Desember 2010 itu, bendera raksasa Malaysia justru dibentangkan terbalik oleh para "ultras Malaya" saat menyanyikan lagu kebangsaan mereka sesaat sebelum kick-off pertandingan dimulai.

Ini tentunya menjadi sebuah pertanyaan bagi publik Malaysia yang bukan saja bisa salah memposisikan bendera negara lain, namun juga salah membentangkan bendera negaranya sendiri.


Sumber : Viva

No comments

Powered by Blogger.