Jenis Kulit Sesuai dengan Produk Skin Care Dasar yang Dibutuhkan


Jenis kulit yang dimiliki oleh para wanita sangat bervariasi dan kerap ditentukan oleh beberapa faktor, seperti kadar air, kadar minyak, serta tingkat sensitivitas kulit terhadap zat tertentu. Karena itu, dengan mengenali jenis kulit, dapat membantu dalam memilih produk skin care dasar yang sesuai.
 
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Berikut beberapa tips untuk mengetahui kebutuhan produk skin care dasar yang diperlukan berdasarkan dengan jenis kulit yang dimiliki Anda seperti dikutip dari Sociolla.

1. Kulit berminyak
Meski banyak yang mengatakan jika wajah berminyak tampak lebih awet muda, tapi tetap lebih rentan terkena masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Untuk itu, para pemilik jenis kulit berminyak harus pandai dalam memilih produk skin care dasar yang dikenakan, dan jangan sampai asal pilih. Kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembap. Produk pelembap yang cocok untuk jenis kulit berminyak biasanya bertekstur gel yang bebas dari kandungan minyak.

2. Kulit normal cenderung kusam

Meski jenis kulit Anda termasuk normal, bukan berarti wajah tak membutuhkan perawatan. Anda tetap harus merawatnya secara rutin dan maksimal agar kulit tidak kusam. Merawat kulit normal yang cenderung kusam bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya senantiasa mengenakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan, rajin membersihkan sisa make up sebelum tidur, serta rutin mengeksfoliasi kulit minimal seminggu sekali agar kulit tidak terlihat kusam. Tak hanya itu saja, cermat menentukan produk pembersih wajah juga penting untuk dilakukan. Selain membersihkan, pilih juga facial wash yang mampu memberikan kelembapan alami pada wajah serta menjadikannya tampak cerah bersinar.

3. Kulit kering
Kulit kering cenderung terlihat kasar, sedikit kusam, dan memiliki garis-garis halus yang mulai tampak di beberapa area. Kondisi seperti ini dapat diperburuk oleh beberapa faktor, misalnya cuaca yang terlalu ekstrem, perubahan hormon, terlalu sering mandi dengan air panas serta terlalu sering mencuci wajah. Oleh karena itu, pilihlah cleanser yang mampu membersihkan dan melembapkan kulit.

Selain itu, gunakan juga hydrating toner dan pelembap. Biasanya, pelembap bertekstur krim atau balm cenderung cocok dengan jenis kulit ini. Beberapa minyak esensial juga bisa digunakan untuk menambah kelembapan bagi pemilik kulit kering. Hindari produk-produk yang menggunakan alkohol lantaran kandungan ini bisa menyerap air dan membuat kulit semakin kering.

4. Kulit sensitif
Ada beberapa hal yang dapat memicu kulit menjadi semakin sensitif. Salah satu faktor yang paling umum biasanya terjadi karena adanya kontak langsung dengan produk perawatan kulit tertentu. Untuk itu, sebaiknya cari tahu penyebabnya, sehingga bahan atau zat yang membuat kulit sensitif bisa dihindari. Karena kulit sensitif mudah bereaksi terhadap suatu kandungan secara cepat, sebaiknya hindari produk pembersih wajah yang mengandung alkohol. Pilihlah produk yang dapat membersihkan serta mengembalikan nutrisi kulit wajah hingga ke bagian dalam.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.