Kaki Remaja Australia Berdarah-darah 'Dimakan' oleh Kutu Laut

Sam Kanizay dirawat di rumah sakit Melbourne akibat gigitan kutu laut.


     Seorang remaja di Melbourne, Australia mengalami pendarahan parah di kedua kakinya setelah merendam kakinya di pantai Melbourne. Diduga, pendarahan tersebut disebabkan oleh sejenis kutu karnivora yang menyantap daging kaki remaja itu.



Pada Sabtu, 5 Agustus, Sam Kanizay merendam kakinya yang sakit setelah bermasin sepak bola di Dendy Street Beach di Brighton, Melbourne. Tak disangka, setengah jam kemudian dia berjalan keluar dengan kaki berdarah yang diselimuti makhluk-mahkluk laut kecil pemakan daging.

"Ketika dia keluar, dia merasakan seperti ada pasir di kakinya, jadi dia kembali ke air. Dia kembali untuk mengambil sepatunya dan yang ditemukannya adalah darah di kakinya. Mereka makan dengan menembus kulit Sam dan membuatnya berdarah-darah," kata ayah Sam, Jarrod Kanizay sebagaimana dikutip dari Perth Now, Senin (7/8/2017).

Jarrod yang tidak bisa menghentikan pendarahan di kaki putranya akhirnya membawa Sam ke rumah sakit. Tetapi staf medis di sana pun kebingungan dan tidak mengetahui apa yang terjadi pada kaki remaja berusia 16 tahun itu. Dokter pun berjuang untuk menghentikan perdarahan dari puluhan luka gigit merah muda di kaki Sam.

Kondisi Sam dilaporkan telah membaik dan berangsur pulih, tetapi Jarrod mengatakan, pihak keluarga masih menunggu jawaban dari dokter mengenai apa yang memakan kulit dan kaki putranya.  

"Tidak ada yang tahu apa makhluk itu. Mereka telah memanggil sejumlah orang, entah itu ahli toksisitas atau pakar kelautan dan petugas medis lainnya di sekitar Melbourne. Dan ya, tidak ada yang tahu,” tambahnya.

Pakar invertebrata laut dari Universitas New South Wales, Alistair Poore mengatakan tidak pernah melihat kasus seperti yang dialami Sam. Menurut Poore, gigitan tersebut disebabkan oleh invertebrata air kecil seperti kutu laut. Tetapi membutuhkan sangat banyak kutu laut untuk menyebabkan luka dan pendarahan separah yang dialami Sam.

Malam berikutnya, Jarrod kembali ke pantai dengan jaring pembersih kolam penuh daging dan menangkap makhluk yang menurutnya bertanggung jawab atas luka Sam. Dia kemudian merekam makhluk-mahkluk kecil itu memakan daging dari sebuah nampan.

"Yang jelas adalah makhluk-mahkluk kecil ini sangat menyukai daging," pungkasnya.

Sumber : Kompas

No comments

Powered by Blogger.