<-->

Keren! TKW asal Subang jadi Paskibraka di KJRI Hongkong

sumber photo:tintahijau

Seorang TKW, Susun Sundari menjadi bagian dalam momen penting peringatan HUT RI di KJRI Hongkong. Susun, menjadi satu dari 12 anggota Paskibraka. Lebih membanggakan lagi, dia bertugas sebagai pembawa duplikat Bendera Pusaka.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Menjadi TKI selama 4 tahun di Hongkong, tidak membuat Susun kehilangan kesempatan untuk berprestasi. Sebaliknya, berada di luar negeri, Susun terpacu untuk terus berkarya di sela-sela jam kerjanya, termasuk menjadi bagian dari paskibraka HUT RI ke-72. bayangkan, dari 400 orang pendaftar sebagai Pasukibaraka, Susun sukses menjadi salah satu bagian agenda penting bagi Bangsa Indonesia.

sumber photo:tintahijau


Untuk bisa masuk Paskibra, banyak ujian yang harus dihadapi dan dilakoni Susun. Dengan semangat dan kecintannya terhadap NKRI, satu persatu seleksi ia tembus. "Seleksinya lumayan ketat. Oleh team dr KJRI Hongkong 4 orang. Sampai di akhir test, seleksi dititik beratkan pada pengetahuan baris. Baris individu maupun kelompok. Gerakan baris-berbaris yang lebih kompleks," kata Susun.

sumber photo:tintahijau
Perjuangan Susun menjadi bagian dari peringatan bersejarah Indonesia berujung manis. Dia menjadi salah satu dari 12 orang paskibraka di KJRI Hongkong. "Alhamdulillah terpilih, jadi komandan sekaligus pembawa duplikat bendera pusaka. Karena dari 12 orng calon Paskibra, dipilih lagi untuk menentukan petugas utama, Gerek, Bentang dan pembawa bendera serta komandan," terangnya.

Lolos sebagai Pasukibraka, bukan akhir dari perjuangan. Sebaliknya menjadi awal perjuangan Susun. kali ini, menguras energi dan tenaga. Sebab, sejak terpilih, mereka harus mengikuti latihan selama 3 bulan. "Mengikuti 3 bulan pembinaan serta latihan untuk upacara 17 agustus di wisma puri Mandiri KJRI HK," katanya

Menjadi bagian dari 12 Paskibraka menjadi pengalaman bersejarah bagi Susun. Dia mengaku sulit disampaikan dengan kata-kata dengan prestasinya itu. "Sangat bangga bisa menjadi bagian dari Paskibraka. 2 baju (Wisuda dan Paskibraka) cita-cita terlaksana penuh suka-duka, tinggal satu baju lagi," katanya sumringah.

Sumber:tintahijau

No comments

Powered by Blogger.