Korban Penipuan Telepon di Hong Kong Kehilangan HK $ 11,7 Juta


Seorang analis investasi telah menjadi korban uang besar terbaru dari penipuan telepon di Hong Kong setelah dua penipu seorang yang berpura-pura sebagai pejabat daerah, menipu dia dari HK $ 11,7 juta dalam sebulan.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Pria berusia 29 tahun, yang bekerja di sebuah perusahaan investasi di North Point menyadari bahwa dia telah melakukan scammed dan melaporkannya ke polisi setempat pada Senin malam, setelah kehilangan kontak dengan pejabat yang seharusnya sekitar satu minggu, seorang sumber polisi mengatakan pada hari Selasa.

"Seperti di instruksikan, korban mentransfer sekitar 9 juta yuan (HK $ 10,6 juta) dan HK $ 1,1 juta ke lebih dari 10 rekening bank di daratan dan di Hong Kong antara 22 Juli dan 22 Agustus," kata sumber tersebut.

Pada tanggal 21 Juli, korban, yang diyakini sebagai imigran baru-baru ini mendapat telepon dari seorang pria yang mengaku bekerja untuk perusahaan kurir. Penelepon tersebut mengatakan bahwa sebuah paket yang ditujukan kepada orang tersebut diduga terkait dengan kasus pidana.

"Penelepon itu dipindahkan ke pria lain yang mengaku sebagai petugas polisi," kata sumber tersebut. "Korban kemudian dituduh terlibat dalam pencucian uang dan memerintahkan untuk mentransfer uang ke rekening bank yang ditunjuk untuk tujuan investigasi."

Seperti diinstruksikan korban memindahkan sekitar HK $ 11,7 juta ke rekening bank lokal dan daratan.

Setelah menyadari itu adalah tipuan, korban pergi ke Kantor Polisi Wan Chai pada hari Senin malam untuk melaporkannya.

Polisi mengatakan bahwa penipu telepon biasanya berpose sebagai pejabat keamanan daratan dan menuduh korban melanggar hukum. Mereka kemudian menuntut sejumlah besar uang untuk menyelesaikan masalah.

Polisi mengatakan penegak hukum daratan tidak akan pernah meminta seseorang untuk menyerahkan uangnya untuk membuktikan ketidakbersalahan mereka atau meminta mereka memberikan password perbankan online melalui telepon atau internet.

Dalam enam bulan pertama tahun ini, penipu telepon berpose sebagai pejabat daratan menipu 293 korban dari HK $ 109,6 juta. Ada 176 kasus, yang melibatkan total HK $ 98,1 juta, pada periode yang sama tahun lalu.

Kehilangan terbesar yang pernah tercatat di kota karena penipuan telepon terjadi pada Maret tahun lalu, ketika seorang pengusaha dari Yuen Long ditipu dari HK $ 58 juta.

Sumber:scmp

No comments

Powered by Blogger.